Razia Masker di Tangerang, Petugas Amankan Moge Harley-Davidson Tanpa Surat

Hambali, Okezone · Sabtu 19 September 2020 08:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 19 338 2280332 razia-masker-di-tangerang-petugas-amankan-moge-harley-davidson-tanpa-surat-puYhiu5MH0.jpg Moge jenis Harley Davidson harus diamankan petugas lantaran tanpa dilengkapi surat-surat (foto: Hambali)

TANGSEL - Aparat gabungan dari Polri, Satpol PP dan dibantu TNI menggelar operasi yustisi penggunaan masker di Perempatan Jalan Medang Lestari, Pagedangan, Kabupaten Tangerang. Seorang pengendara moge jenis Harley-Davidson turut diberhentikan karena tak mengenakan masker.

Awalnya petugas gabungan hanya memeriksa ketentuan penggunaan masker. Namun setelah petugas kepolisian mengecek lebih dalam, diketahui jika pengendara membawa motor gede alias Moge Harley-Davidson tanpa disertai kelengkapan surat kendaraan. Motor ber-CC besar itu pun lantas diamankan petugas.

Detik-detik pemeriksaan moge oleh polisi tanpa sengaja diabadikan dalam video yang beredar di masyarakat. Dalam cuplikannya terlihat, Kanit Lantas Polsek Pagedangan Ipda Rahmat Gunawan tengah menjelaskan kepada pengendara moge soal ketentuan surat-surat kendaraan.

Kapolsek Pagedangan, AKP Efri membenarkan bahwa motor Harley turut diberhentikan saat operasi yustisi yang digelar Jumat 18 September 2020. Menurut dia, pihaknya tak tebang pilih dalam menegakkan aturan terhadap siapapun mengenai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

"Kita melakukan operasi yustisi di wilayah Medang dan menemukan satu pengemudi sepeda motor Harley Davison tidak menggunakan masker. Kemudian diberhentikan," ungkapnya kepada Okezone di Mapolsek Pagedangan, Sabtu (19/9/2020).

Karena mengakui tak membawa kelengkapan surat, pengendara Harley berinisial H akhirnya pasrah jika mogenya diamankan petugas. H pun sempat menjanjikan akan kembali membawa surat dan dokumen yang disebutnya sedang dalam pengurusan mutasi wilayah.

Dijelaskan Efri, pihaknya kini rutin menggelar operasi yustisi 2 kali tiap hari pada beberapa titik di wilayah hukum Pagedangan. Untuk pagi tadi, jumlah pelanggar tanpa masker mencapai sekira 15 pelanggar. Petugas pun memberikan berbagai sanksi, teguran, push up, lari, dan membersihkan jalan dari sampah.

"Tidak karena hanya ada petugas dia menggunakan masker, tidak karena ada petugas dia melaksanakan physical distancing. Tapi itu sudah betul-betul mendarah daging bagaimana dia menjalankan protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya," jelas Efri.

Kanitlantas Polsek Pagedangan, Ipda Gunawan hingga saat ini masih menunggu pemilik Harley untuk datang membawa kelengkapan suratnya. Jika lengkap dan sesuai maka kendaraan itu bisa dibawa kembali oleh pemiliknya.

"Suratnya sedang dalam pengurusan mutasi. Maka nya kita masih menunggu, jadi nggak ada masalah. Nanti bisa diambil kalau sudah lengkap," ucap Gunawan.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini