Masih Ada Penumpang KRL Belum Tahu Larangan Pakai Masker Scuba

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Senin 21 September 2020 08:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 338 2280991 masih-ada-penumpang-krl-belum-tahu-larangan-pakai-masker-scuba-DOJCnixy9Z.jpg Penumpang KRL masih ada yang pakai masker scuba (Foto : Okezone.com/Harits)

TANGERANG SELATAN - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mulai hari ini (21/9/2020) mewajibkan calon penumpang KRL untuk menggunakan masker yang efektif mencegah droplet. Dengan begitu penumpang yang menggunakan masker jenis scuba maupun buff tak diperkenakan naik KRL.

Peraturan itu pun mulai diterapkan di Stasiun Jurang Mangu, Tangerang Selatan. Bahkan masih ada beberapa penumpang yang tak diperbolehkan masuk ke dalam stasiun lantaran memakai masker scuba.

"Masih ada beberapa masyarakat yang menggunakan masker scuba. Jadi kita tidak perkenankan masuk," kata salah satu petugas keamanan yang enggan disebutkan identitasnya saat ditemui Okezone di lokasi.

Pantauan Okezone di Stasiun Jurang Mangu, Tangerang Selatan, masih terdapat calon penumpang KRL yang masih memakai masker scuba.

Baca Juga : Penumpang KRL yang Pakai Masker Scuba & Buff di Stasiun Bogor Tidak Boleh Masuk

Alhasil, mereka harus ke luar stasiun terlebih dahulu untuk mencari masker kain tiga lapis ataupun masker ke sehatan yang dijajakan oleh penjual.

Salah satu penumpang bernama Ilham (47) mengakui dirinya belum mengetahui perihal aturan masker yang efektif mencegah droplet di dalam KRL. "Saya belum tahu. Baru tahu ini karena dilarang oleh petugas," ujar Ilham saat ditemui Okezone.

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mulai melarang penggunaan masker jenis scuba maupun buff oleh calon penumpang. VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba mengatakan, larangan penggunaan masker tersebut sebagai upaya lanjutan menekan penyebaran Covid-19 di Kereta Rel Listrik (KRL).

Dia mengatakan, KCI akan mewajibkan penumpangnya untuk menggunakan masker kain yang terdiri dari tiga lapisan atau masker kesehatan untuk pemakaian sehari-hari.

"KCI mewajibkan seluruh penggunanya untuk memakai masker yang terbukti efektif dalam mencegah droplet atau cairan yang keluar dari mulut dan hidung," kata Anne dalam keterangannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini