Puskesmas di Depok Terima Laporan, Pasien Isolasi Mandiri Masih Nekat Terima Tamu

Wahyu Muntinanto, Okezone · Senin 21 September 2020 18:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 338 2281419 puskesmas-di-depok-terima-laporan-pasien-isolasi-mandiri-masih-nekat-terima-tamu-6glpW5pFzA.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

DEPOK - Sejumlah warga di wilayah Sukamaju, Cilodong, Kota Depok, dikabarkan melaporkan adanya sembilan warga terkonfirmasi positif Covid -19 sedang melakukan isolasi mandiri di rumah tapi masih melakukan aktifitas menyapu halaman dan nekat menerima tamu.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cilodong, Marsina mengatakan bahwa laporan warga tersebut dilakukan lantaran khawatir wabah Covid-19 meluas di lokasi itu.

"Iya benar ada warga yang melaporkan ke saya, katanya si pasien (positif Covid-19) itu masih melakukan aktivitas, dan juga masih terima tamu," kata Marsina saat dihubungi wartawan, Senin (21/9/2020).

Dia menuturkan terkait aktifitas pasien positif Covid-19 tidak disiplin menerapkan isolasi mandiri di rumah, bukanlah ranah pihak puskesmas setempat. Ia mengaku pihak yang dapat menegur yakni Satgas Covid-19.

"Terkait ketidak disiplinan si pasien tersebut, bukanlah ranahnya kami. Itu ranahnya Satgas (Covid-19), RT dan RW. Nah, di sinilah letak kerja sama kita dengan lingkungan sekitar," jelasnya.

Baca Juga: Pemkot Depok Longgarkan Kebijakan Jam Malam

Menurut Marsina, sebagai petugas medis pihaknya hanya bertugas memberikan edukasi, obat-obatan, dan vitamin kepada pasien Covid-19.

"Karena puskesmas gak mungkin melihat mereka terisolasi atau tidak. Tugas kami hanya memantau kesehatan mereka, dan obat-obatan telah kami berikan," pungkasnya.

Baca Juga: Hotel dan Apartemen di Depok Tolak Tampung Pasien Covid-19

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini