Masuki Musim Hujan, Wagub DKI Catat Ada 82 Kelurahan di Jakarta Rawan Banjir

Bima Setiyadi, Koran SI · Selasa 22 September 2020 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 22 338 2281831 masuki-musim-hujan-wagub-dki-catat-ada-82-kelurahan-di-jakarta-rawan-banjir-wqHwGRrS66.jpg Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta mengklaim siap mengantisipasi bencana banjir di musim hujan yang sudah mulai datang. Sedikitnya ada 82 kelurahan yang rawan mengalami bencana banjir.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Ariza) mengatakan, berdasarkan pemetaan yang dilakukan, sedikitnya ada 82 kelurahan yang rawan mengalami bencana banjir di musim hujan karena letaknya berada di daerah bantaran sungai Ciliwung yang melintas di Jakarta. Untuk itu, dia meminta masyarakat sekitar aliran sungai siap dan waspada terhadap potensi banjir yang datang saat musim hujan.

"Kami sudah siap dan terus berupaya mengendalikan banjir. Masyarakat harus selalu waspada," kata Ariza di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (21/9/2020).

Baca Juga: Pemprov DKI Klaim Genangan Pasca-Hujan Tidak Lebih dari Satu Jam

Ariza menjelaskan, untuk mengantisipasi banjir, pihaknya terus melakukan berbagai langkahseperti melakukan pengerukan di waduk, setu, dan embung yang menjadi tangkapan air. Termasuk di seluruh saluran air dan sungai yang ada.

Selain itu, lanjut Ariza, Dinas Sumber Daya Air juga telah memperlancar aliran air dengan membangun sodetan-siaran dari saluran penghubung ke waduk.

"Kami memminta masyarakat menbantu untuk membersihkan selokan atau tempat lain sehingga aliran air terus bisa mengalir ke sungai dan kita tersukan ke laut," pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini