Daftar Makam Terbongkar yang Bikin Heboh, Nomor 5 Sopir Angkot Curi Tali Pocong

Hambali, Okezone · Rabu 23 September 2020 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 338 2282330 daftar-makam-terbongkar-yang-bikin-heboh-nomor-5-sopir-angkot-curi-tali-pocong-3nfRbBbklr.jpeg Makam terbongkar di Tangsel. Foto: Hambali

TANGSEL - Peziarah mendapati makam dalam keadaan terbongkar di di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, pada Minggu 20 September 2020. Setelah diselidiki ternyata jenazah dalam kubur masih ada, namun kain kafannya hilang.

Ini bukanlah kasus makam terbongkar pertama yang dihadapi polisi. Dalam catatan Okezone, sedikitnya terdapat lima kasus makam terbongkar yang bikin heboh di Indonesia.

Lalu di mana saja kasusnya? Berikut deretan makam terbongkar yang dirangkum Okezone pada Rabu (23/9/2020).

1. Remaja Bongkar Makam di Mentawai

Dua remaja membongkar makam di Dusun Muntei KM8, Desa Betu Monga, Pagai Utara, Mentawai, Sumatera Barat. Pelaku berinisial RS (17) dan RE (18) membongkar kuburan pria paruh baya berinisial P dan mengambil jari kelingkingnya.

Kasus itu dilaporkan oleh istri dari almarhum, W (45), pada Minggu 20 September 2020, ke Polsek Sikakap. Laporan itu bernomor : LP/29/K/IX/2020/Polsek Sikakap.

"Berdasarkan laporan tersebut, unit Reskrim Polsek Sikakap langsung mengamankan RS dan RE di Polsek Sikakap hari ini," terang Kanit Reskrim Polsek Sikakap Bripka Martha Pratama, Minggu 20 September 2020.

Dijelaskan Martha, pembongkaran makam itu berawal dari kecurigaan warga Dusun Muntei KM8 terhadap kedua tersangka. Pasalnya baik RE dan RS dipergoki warga sedang membersihkan cangkul dari kotoran tanah liat di kolam.

Baca Juga: Dua Remaja Nekat Bongkar Makam Demi Mendapatkan Ilmu Menghilang

"Saat itu kedua tersangka sedang membersihkan cangkul di kolam yang setelah melakukan pembongkaran dan pengrusakan makam kuburan milik Parmenas," jelasnya.

Kedua tersangka pun mengakui perbuatannya. Diperoleh keterangan, jika pembongkaran makam memang sengaja dilakukan RE dan RS guna memotong jari kelingking jenazah sebagai syarat untuk ilmu kebal.

2. Kain Kafan hilang dari Makam di Jombang

Pembongkaran salah satu makam terjadi di TPU Desa Kesamben, Ngoro, Minggu 20 September 2020 malam. Warga di sana digegerkan dengan terbongkarnya makam wanita yang baru melahirkan.

Makam itu berisi jenazah perempuan berinisial AP, istri dari Khotib. Disebutkan AP meninggal dunia usai melahirkan pada Sabtu 19 September 2020. Sehari setelah dimakamkan, warga secara tidak sengaja melihat liang lahat AP sudah dalam kondisi terbongkar, jasadya diduga turut hilang dicuri.

Khawatir jasad AP hilang, keluarga dibantu warga, perangkat desa, polisi dan TNI, kemudian beramai-ramai membongkar makamnya. Hasilnya ternyata jasad AP masih berada di dalam makam. Sedangkan yang hilang adalah 2 lembar kain kafan yang membungkus jasad AP.

Baca Juga: Sempat Hilang dari Makam, Kain Kafan Ditemukan Bersama Patung Kuningan di Jombang

Mereka tak menyangka setelah meninggal dunia, makam korban dibongkar oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Selain 2 lembar kain kafannya hilang, tampak tikar pandan dan dua tali pocong jenazah juga berserakan di luar makam dan ditinggalkan oleh pelakunya.

Kapolsek Ngoro AKP Yanuar Tri Sanjaya mengungkapkan, usai melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) pihaknya masih melakukan penyelidikan dan meminta keterangan berbagai pihak.

"Pelaku masih dilakukan penyelidikan, kami masih memintai keterangan dari berbagai pihak, dari keluarga almarhumah dan perangkat desa setempat," kata Yanuar saat dikonfirmasi pada Senin 21 September 2020.

Terkait penemuan kain kafan di samping rumah salah satu warga, polisi juga masih melakukan penyelidikan. Namun yang jelas kain kafan dan patung kuningan telah diamankan kepolisian hari ini sebagai pengembangan kasus terbongkarnya makam AP.

"Kain kafannya ini ditemukan di samping rumah warga, ditemukan pukul 10.30 WIB pagi tadi. Jadi ada dua tas, yang satu tas plastik hitam berisi kain kafan dan tas berwarna biru berisi patung kuningan," jelasnya.

3. Makam Terbongkar di Bekasi

Pembongkaran salah satu makam di TPU Desa Karang Bahagia, Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Hal itu dipastikan Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan yang melakukan peninjauan secara langsung ke tempat kejadian perkara (TKP). Dikatakannya, kuburan yang ditemukan dengan kondisi terbongkar itu milik jenazah atas nama AP, yang meninggal pada Maret 2020.

"Jenazah atas nama AP, meninggal bulan Maret 2020, diambil memang itu di tempat pemakaman umum di Cikarang Utara, kemudian pada saat ditemukan oleh masyarakat yang hendak memancing ikan, itu pukul 15.00 WIB," kata Hendra, Sabtu, 18 Juli 2020.

Hendra mengatakan, kuburan yang terbongkar itu kondisinya sudah berantakan. Papan untuk penutup bagian jenazah pun kondisinya sudah di atas permukaan. Termasuk, jenazah AP sendiri hilang dicuri.

"Kita ke TKP, posisi kuburan sudah menganga, sudah menganga terbongkar papan-papanya sudah keluar. Kita cek lagi, gali lagi memastikan benar gak jenazahnya sudah hilang. Dan ketika disaksikan oleh keluarganya bapaknya, ternyata benar hilang," ungkap Hendra.

Warga sekitar menduga, jika aksi pembongkaran makam itu kuat kaitannya dengan ritual pesugihan yang dijalani pelakunya. Data yang ada menyebut, kejadian pembongkaran makam di wilayah itu adalah kejadian kedua kalinya.

4. Heboh Makam Terbongkar di Bekasi

Pembongkaran makam disertai pencurian tali pocong di Desa Medalem, Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Disebutkan, jika pelaku pencurian tiga tali kain kafan untuk kepentingan ilmu kebal. Sebab berdasarkan mitos, tali kain kafan orang yang meninggal pada Kamis Kliwon bisa dipakai untuk ilmu kekebalan.

"Kami menduga perbuatan itu dilakukan oleh orang yang percaya mendalami ilmu kekebalan," terang Kanit Reskrim Polsek Tulangan Ipda Sudarsono, Minggu 29 Juli 2018.

Menurutnya, kasus hilangnya tiga tali kain kafan memang betul terjadi di makam itu. Petugas kepolisian telah menyaksikan langsung saat penggalian kembali pada makam tersebut. Namun kemudian, keluarga dan perangkat desa sepakat untuk dilakukan penguburan kembali, sesuai dengan kearifan lokal. Pihak keluarga mengaku ikhlas dan tidak mempermasalahkan.

5. Pencurian Tali Pocong dari Makam di Ciputat

Pembongkaran makam serta pencurian tali pocong di Pemakaman Ciputat, Jalan Taman Abadi, RT02 RW04, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel). Peristiwa itu baru diketahui pada Jumat 29 Desember 2017.

Makam itu berisi jenazah M Suhendra yang semasa hidup biasa disapa Hendra Capung. Jenazah sendiri baru dikebumikan sehari sebelumnya, yakni Kamis 28 Desember 2017. Dari pemeriksaan, beberapa ikatan tali pocongnya raib dicuri oleh pelaku.

Setelah sepekan lamanya kasus pembongkaran makam dan pencurian tali pocong di Pemakaman Ciputat menjadi misteri, namun kini polisi berhasil mengungkap siapa pelakunya.

Pelaku adalah M Irpan (34) yang kesehariannya berprofesi sebagai sopir angkot di kawasan Ciputat. Pria berperawakan kurus yang tinggal di Jalan KH Dewantoro, RT02 RW03, Ciputat, itu ditangkap pada Sabtu 6 Januari 2018.

"Alhamdulillah 'Team Vipers' Sat Reskrim Polres Tangsel dan Unit Reskrim Polsek Ciputat berhasil mengamankan pelaku pencurian tali Pocong dengan TKP Ciputat," terang Kasatreskrim Polres Tangsel, AKP Alexander Yurikho Hadi.

Dari pengakuannya, pelaku mencuri tali pocong untuk meningkatkan penglaris omset dari jumlah penumpang. Namun Irpan pun merasa sangat kecewa, lantaran penggunaan tali pocong itu tidak membuat pendapatannya bertambah sama sekali.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini