Masuk Musim Hujan, Pemkot Jakbar Siagakan 800 Satgas SDA

Mohamad Yan Yusuf, Sindonews · Rabu 23 September 2020 15:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 338 2282487 masuk-musim-hujan-pemkot-jakbar-siagakan-800-satgas-sda-hFK0IhLHA8.jpg Ilustrasi (Dok. Okezone)

JAKARTA - Sedikitnya 800 satgas Sumber Daya Air dari Pemkot Jakarta Barat (Jakbar), bersiap hadapi musim penghujan yang bakal datang akhir tahun nanti. Mereka nantinya akan disebar di delapan kecamatan di Jakarta Barat.

Kasudis Sumber Daya Air Jakarta Barat Purwanti Suryandari mengatakan nantinya dari ratusan orang itu, mereka akan disebar sebanyak 70-90 tiap kecamatan.

"Nantinya di kecamatan dibuat lima tim. Empat tim siaga pagi dan satu tim piket hingga pagi hari," kata Purwanti, Rabu (23/9/2020).

Ia menjelaskan, tim satgas tersebut melakukan pengurasan sejumlah saluran, kali dan waduk di wilayahnya, hal ini untuk memastikan saluran berfungsi dengan baik dan daya tampung air maksimal.

"Namun, jika turun hujan satgas keliling untuk mengatasi jika terjadi genangan," kata Purwanti.

Baca Juga : Anies Terbitkan Ingub Kendalikan Banjir di Era Perubahan Iklim

Sebelumnya diberitkan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 52 Tahun 2020 tentang Percepatan Peningkatan Sistem Pengendalian Banjir di Era Perubahan Iklim.

Ingub 52/20 itu menginstruksikan kepada jajarannya mulai dari kepala dinas sampai jabatan ke tingkat lurah untuk melaksanakan tugas sesuai dengan kewenangannya untuk mempercepat pengendalian banjir. Terdapat tujuh poin instruksi dalam Ingub yang diteken Anies pada 15 September 2020.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini