Ketika Pelanggar Kesehatan Covid-19 Tak Ingat Teks Pancasila

Wisnu Yusep, Okezone · Minggu 27 September 2020 12:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 27 338 2284470 ketika-pelanggar-kesehatan-covid-19-tak-ingat-teks-pancasila-9Dkeq6qjyG.jpg Pelanggar protokol kesehatan di Bekasi (foto: Okezone.com/Wisnu)

BEKASI - Petugas gabungan kembali menggelar operasi yustisi di depan Pasar Bersih Pintu Sebelas Jababeka, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Minggu (27/9/2020).

Petugas gabungan dari unsur Kepolisian dan Polisi Pamong Praja serta petugas Puskesmas Kecamatan Cikarang Pusat, terlihat menghentikan satu persatu pengendara yang kedapatan tidak menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker.

Warga dan pengguna jalan yang tidak menggunakan masker langsung di data, termasuk diminta membacakan teks Pancasila. Seperti pengendara sepeda motor bernama Deni (24).

 Baca juga: Pedagang Binaan Pemprov DKI Jakarta Kedapatan Langgar PSBB, Langsung Ditutup 

Deni kedapatan melanggar karena tidak menggunakan masker, tetapi ogah membacakan teks Pancasila, hingga membuat Kapolsek dan Kepala Seksi Trantib Kecamatan Cikarang Pusat sempat bertanya kepada pemuda tersebut.

Dengan wajah memalu pemuda asal Sukabumi tersebut akhirnya menjawab, bahwa tidak hapal membacakan teks Pancasila dan meminta untuk di berikan sangsi lainnya.

 Baca juga: Terjaring Razia, PKL: Punya Mobil Sudah Tak Bayar 5 Bulan Tahu Enggak

Mendapat jawaban dari pelanggar tersebut, para petugas pun hanya memberikan senyuman dan akhirnya mengajarkan membacakan teks Pancasila, untuk kemudian diberikan hukum sosial dengan membersihkan jalan di lokasi operasi yustisi.

"Sempat heran mendengar jawaban pelanggar yang mengaku tidak hapal teks Pancasila, hingga harus kami berikan sangsi sosial membersihkan jalan," kata Damiri selaku Kepala Seksi Trantib Kecamatan Cikarang Pusat kepada wartawan, Minggu (27/9/2020).

 

Operasi yang digelar itu, Damiri, petugas gabungan telah menindak puluhan pelanggar protokol kesehatan.

"Hari ini kami unsur Muspika Kecamatan Cikarang Pusat, melakukan operasi di pasar bersih dan mengamankan puluhan pelanggar yang kedapatan tidak menggunakan masker," tambah Damiri.

Selain melakukan operasi yustisi bagi warga dan pengguna jalan yang tidak menggunakan masker, petugas juga melakukan woro-woro dan memberikan edukasi dengan menggunakan pengeras suara di depan pasar bersih.

"Selain tiga kali dalam sehari melakukan oeprasi yusitisi kami juga selalu rutin memberikan edukasi tiada bosan kepada lapisan masyarakat untuk selalu menggunakan masker saat berkendara dan menerapkan protokol kesehatan setiap waktu," ujar Kapolsek Cikarang Pusat, AKP Zaini A Zainuri.

"Memang masih kita dapati masyarakat yang masih tidak menggunakan masker saat berkendara, namun oleh kami petugas langsung diberikan sangsi tegas baik sangsi sosial maupun sangsi lainnya," kata AKP Zaini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini