Angin Puting Beliung Terjang 5 Desa di Parung Panjang

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Senin 28 September 2020 21:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 28 338 2285202 angin-puting-beliung-terjang-5-desa-di-parung-panjang-KwUacLBm9B.jpg (Foto: Kiriman warga)

BOGOR - Angin puting beliung melanda 5 desa di Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor, Senin (28/9/2020). Akibatnya, sejumlah pohon tumbang dan atap rumah warga rusak karena terbawa angin. 

Camat Parung Panjang Icang Aliudin mengatakan, bencana angin puting beliung yang terjadi sore tadi itu melanda 5 desa di wilayahnya. Yakni Desa Kabasiran, Desa Cibunar, Desa Gintung Cilejet dan Desa Pingku.

"Betul, 5 desa yang ada kerusakan disebabkan angin puting beliung," kata Icang, kepada Okezone.

Hingga saat ini, belum ada data pasti kerusakan yang diakibatkan bencana tersebut. Namun, mayoritas kerusakan adalah pohon tumbang dan atap rumah warga yang rusak tersapu angin puting beliung. 

"Belum terdata secara rinci hanya ada beberapa laporan lewat Whatsapp dan gambar. Terjadi pohon tumbang juga beberapa rumah warga yang genteng jatuh. Sebagian pohon tumbang gotong-royong warga, apalagi yang menghalangi jalan," jelas Icang.

Baca juga: Puting Beliung Terjang 3 Kecamatan di Medan, Ratusan Rumah Rusak

Terpisah, Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Adam Hamdani membenarkan peristiwa tersebut. Timnya masih kesulitan melakukan pendataan karena sebagian wilayah mati listrik akibat pohon tumbang.

"Belum ada (data), gelap gulita. (Mati listrik) kan pohon tumbang aja masih pada nempel di kabel," singkat Adam, dikonfirmasi.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini