2 Hotel di Jakarta Resmi Khusus Isolasi Pasien Covid-19

Bima Setiyadi, Koran SI · Selasa 29 September 2020 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 338 2285367 2-hotel-di-jakarta-resmi-khusus-isolasi-pasien-covid-19-BLxJX0sn3j.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

JAKARTA - Hotel Ibis Style Mangga Dua, Jakarta Utara dan Hotel U Stay Mangga Besar, Jakarta Barat resmi menjadi tempat isolasi mandiri pasien positif Covid-19 di Jakarta. Kedua hotel tersebut diperuntukan untuk semua pasien diberbagai wilayah.

Kabid Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Fify Mulyani mengatakan, hotel Ibis dan U Stay sudah dioperasikan sejak hari Minggu kemarin dan saat ini sudah menampung sejumlah pasien corona. Sayangnya dia tidak merinci jumlah pasien yang sudah diterima di dua hotel ini.

"Sudah dibuka dua hotel, yaitu Ibis Style Mangga Dua dan U Stay Mangga Besar," kata Fify kepada wartawan, Selasa (29/9/2020).

 Isolasi

Kedua hotel yang sudah dibuka ini, lanjutnya, bakal dipakai menampung pasien yang datang dari berbagai wilayah. Hotel Ibis Style diperuntukan bagi pasien yang datang dari wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Jakarta Timur.

Kemudian Hotel U Stay diperuntukan sebagai lokasi karantina pasien corona yang datang dari Jakarta Barat dan Jakarta Selatan.

"Kapasitas hotel U Stay itu 140 tempat tidur. Kalau hotel Ibis Kapasitas tempat tidurnya untuk 212 pasien," ujarnya.

Tidak hanya hotel, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga telah menunjuk tiga lokasi milik Pemprov DKI Jakarta lainnya yang dijadikan sebagai lokasi isolasi.

 

Ketiga tempat itu adalah adalah Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jalan Raya TMII, Cipayung, Jakarta Timur. Dan, Graha Wisata Ragunan Komplek GOR Jaya Raya Ragunan, Jalan Harsono, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Dan satu lokasi lainnya adalah gedung Pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Centre) di Jalan Kramat Jaya, Tugu Utara Koja, Jakarta Utara.

Adapun larangan isolasi mandiri di rumah ini dilakukan Anies Baswedan lantaran proses penyembuhan ini justru memicu lahirnya klaster Rumah tangga yang belakangan marak terjadi.

Sebagai permulaan Pemerintah Pusat kemudian memberikan dua tower yakini tower 4 dan 5 di wisma Atlet Kemayoran Jakarta Pusat untuk menjadi tempat untuk mengkarantina pasien corona bergejala ringan atau tanpa gejala.

Dua tower itu telah dipakai selama beberapa Pekan belakangan. Selain wisma atlet Pemerintah Pusat juga sedang mengusahakan sekitar 15 hotel bintang dua dan tiga untuk disulap jadi tempat isolasi dengan perkiraan kapasitas mencapai 3.000 pasien.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini