Imbas Pandemi Covid-19, Pendapatan Warga Kepulauan Seribu Turun Drastis

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Kamis 01 Oktober 2020 21:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 338 2287046 imbas-pandemi-covid-19-pendapatan-warga-kepulauan-seribu-turun-drastis-sfYi53Ag7O.jpg Warga Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu dapat bantuan (Foto : Relawan Indonesia Bersatu)

JAKARTA - Imbas adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan di Provinsi DKI Jakarta, memberikan dampak penurunan pendapatan bagi masyarakat Kepulauan Seribu, khususnya di Pulau Kelapa.

Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Pulau Kelapa, Muslim mengatakan terjadi penurunan pendapatan warga akibat dampak Covid-19. Mereka yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan tak leluasa bekerja di saat PSBB ini.

“Otomatis sejak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan, pendapatan warga menurun drastis," kata Muslim di Jakarta, Kamis (1/10/2020).

Untuk meringakan beban masyarakat Pulau Kelapa, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 yang dikomandoi oleh Sandiaga Uno pun bergerak memberikan bantuan.

Ketua Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya dalam kesempatan ini memberikan bantuan 100 paket sembako kepada masyarakat Kepulauan Seribu. Diharapkan bantuan bisa meringankan beban ekonomi mereka.

"Hari ini, Relawan Indonesia Bersatu dan Rumah Sandiaga Uno Indonesia memberikan bantuan 100 paket sembako. Kita harapkan bantuan ini bisa meringankan beban ekonomi masyarakat ,” kata Sandiaga

Total sebanyak 100 paket sembako diberikan langsung oleh Ketua Rumah Sandiaga Uno Indonesia Sanny Irwan dan PT Djarum, kepada warga yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan yang bermukim di wilayah Teluk Jakarta tersebut.

Baca Juga : Aceh dan Banten Jadi Prioritas Penanganan Covid-19, Ini Alasannya

Sandiaga menekankan, meringankan beban ekonomi bagi warga akibat dampak Covid-19 merupakan tanggung jawab moral yang harus dilakukan. Pasalnya banyak diantara mereka yang kehilangan pendapatan akibat Covid-19.

"Saya mendapat pesan dari warga di lokasi, masih banyak dari mereka yang hilang pendapatan akibat Covid-19. Ini perlu kita sentuh," tuturnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini