Ini Puskesmas Tanah Sareal Kota Bogor, Salah Satu Tempat Simulasi Vaksin Covid-19

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Jum'at 02 Oktober 2020 01:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 338 2287078 ini-puskesmas-tanah-sareal-kota-bogor-salah-satu-tempat-simulasi-vaksin-covid-19-u7wFu9bAJF.jpg Puskesmas Tanah Sereal Kota Bogor (foto: Okezone.com/Putra)

BOGOR - Puskesmas Tanah Sareal di Kota Bogor ditunjuk sebagai satu dari dua tempat simulasi vaksinasi covid-19 oleh pemerintah pusat. Ada beberapa kelebihan Puskesmas tersebut salah satunya memiliki bangunan dan lahan yang luas.

"Kalau dilihat dari 25 Puskesmas yang ada di Kota Bogor sebetulnya Puskesmas kami mempunyai luas yang terbesar, luasnya itu 1.390 meter," kata Kepala Puskesmas Tanah Sareal, drg Masayu Rubianti kepada wartawan, Kamis (1/10/2020).

 Baca juga: Graha Wisata TMII Bisa Digunakan Isolasi Pasien Corona pada 10 Oktober

Kemudian, terkait tenaga kesehatan dan fasilitas yang ada di Puskesmas Tanah Sareal juga termasuk lengkap. Ada layanan ponet 24 jam, IGD, laboratorium hingga rawat inap dengan 42 tenaga kesehatannya.

"Kita jumlah tenaga medis ada 42 orang, terus fasilitas ada IGD, laboratorium dan sisanya sesuai dengan program Puskesmas lain. Kami ada layanan ponet layanan bersalin 24 jam itu yang membedakan dengan puskesmas lain. Kalau bed rawat inap kita ada 12, ponet 3 bed dan IGD 3 bed," jelasnya.

 Baca juga: Lawan Covid-19, 6.810 Lokasi di Jakarta Timur Disemprot Disinfektan

Selain itu, ada tim survilance bekerjasama dengan kelurahan dan RW Siaga untuk memantau pasien terkonfirmasi covid-19 yang isolasi mandiri di rumah.

"Kita punya tim survilance yang akan memantau pasien-pasien kasus terkonfirmasi yang isolasi mandiri. Kami juga bekerjasama di kelurahan dan RW Siaga di dalamnya ada kader pemantau yang memantau pasien. Kita punya tim covid sendiri, yang di SK-kan ada 6, tapi seluruh tenaga kesehatan di Puskesmas ini menjadi tim juga," beber Masayu.

 

Terkait ditunjuknya Puskesmas Tanah Sareal menjadi salah satu tempat simulasi vaksin covid-19 oleh pemerintah pusat, lanjut Masayu, sudah mendengar informasi tersebut. Pada dasarnya, pihaknya akan siap mengikuti apapun arahan dari pemerintah.

"Saya baru dapet kabar kemarin, akan direncanakan untuk simulasi vaksinasi covid ya. Tapi wacana ini belum fix, kami juga belum ada arahan dari Kemenkes dan Dinas Kesehatan terkait. Jadi masih dikaji terlebih dahulu lokasinya memungkinkan atau tidak. Tapi kalau ditunjuk ya harus siap, kenapa memang dengan susana seperti ini harus siap," tutupnya.

Seperti diketahui, Pemerintah mulai menyiapkan rencana rinci vaksinasi covid-19. Lokasi simulasi vaksinasi telah ditentukan yaitu Puskesmas Abiansemal Kabupaten Badung, Denpasar dan Puskesmas Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat.

Hal itu berdasarkan rakor Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Luhut Binsar Pandjaitan dengan Menkes Terawan Agus Putranto, Menlu Retno Marsudi serta Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini