Dididik Militer China, Terpidana Mati yang Kabur Memiliki Kemampuan Survival di Hutan

Muhamad Rizky, Okezone · Jum'at 02 Oktober 2020 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 338 2287444 dididik-militer-china-terpidana-mati-yang-kabur-memiliki-kemampuan-survival-di-hutan-GtQADp9sV8.jpg ilustrasi: shutterstock

JAKARTA - Polda Metro Jaya kembali mengungkapkan fakta baru dalam pelarian terpidana mati kasus narkoba asal China, Chai Cangpan alias Cai Ji Fan.

(Baca juga: Dua Oknum Lapas Diduga Terlibat Pelarian Napi WN China)

Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, mengatakan, Chai Cangpan memiliki kemampuan bertahan bertahan hidup di tengah hutan atau survival. Hal itu terungkap berdasarkan riwayatnya yang pernah mengikuti pelatihan militer di China.

"Yang bersangkutan ini memang pernah mengikuti pendidikan kemiliteran di China sana, jadi bagaimana dia menghadapi survival itu dia memang sudah punya dasar," ujar Yusri di Polda Metro Jaya, Jumat (2/10/2020).

(Baca juga: Oknum Sipir yang Bantu Napi WN China Kabur Dapat Imbalan Rp100 Ribu)

Menurut Yusri, Chai Cangpan saat ini masih berada di dalam hutan di kawasan Tenjo, Bogor Jawa Barat. Hingga saat ini jajaran kepolisian masih melakukan penyisiran dalam hutan tersebut.

"Di daerah Tenjo yang memang hutan yang cukup luas hutan itu mencakup 7 keluarahan makanya tim bergerak terus pengejaran," terangnya.

Diketahui sebelumnya, Cai Chang Pan alias Cai Ji Fan (CJF) kabur dari Lapas Klas I Tangerang pada Jumat 18 September 2020 lalu. Ia kabur melalui sebuah lubang yang digalinya.

Dalam pelarian itu Cai diduga juga memanfaatkan kelengahan petugas sehingga dapat menggali lubang tanpa diketahui. Adapu. Cai Ji Fan sendiri adalah narapidana Narkoba yang divonis hukuman mati sejak tahun 2017 lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini