Kali Blencong Bekasi Dipenuhi Sampah Sepanjang 200 Meter

Wisnu Yusep, Okezone · Jum'at 02 Oktober 2020 21:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 338 2287612 kali-blencong-bekasi-dipenuhi-sampah-sepanjang-200-meter-BrA7L9RP8z.jpg Kali Blencong dipenuhi sampah (Foto: Okezone/Wisnu Yusep)

BEKASI – Aliran Kali Blencong di Desa Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dipadati sampah sepanjang 200 meter. Sampah-sampah itu menutupi seluruh badan sungai.

Pengamatan Okezone di lokasi, sampah-sampah itu didominasi sampah rumah tangga seperti plastik, stayrofoam, triplek, kayu dan ada pula ranting-ranting pohon.

Salah seorang warga sekitar, Ali (45) menyebutkan, sampah-sampah yang mengalir itu sudah terjadi hampir satu minggu ini. Alhasil, sampah tersebut tersendat dan membuat bau ke pemukiman warga.

"Terjadi sudah satu minggu lalu, kan waktu itu hujan, nah air naik. Aliran (sampah) ini kemudian terbawa dari hulu, liat aja kan banyak gini," kata warga Setia Asih itu sambil menunjuk ke aliran sampah, Jumat (2/10/2020).

Baca Juga:  Sungai Bengawan Solo Dipenuhi Sampah Popok, Warga Mengeluh Bau

Adanya tumpukan sampah itu, kata Ali, sudah dilaporkan ke aparat setempat. Namun demikian, mereka seolah tak mengubris laporan warga.

"Kan kalau mereka tahu, kalau udah hujan pasti kaya gini, karena kali mungkin udah dangkal jadi harus dikeruk. Nah ini liat aja numpuknya," beber dia.

Ali mengaku, sampah-sampah yang mengalir ke Kali Blencong ini merupakan sampah kiriman. Salah satunya, kata dia, dari Kota Bekasi. Terlebih Kali Blencong ini mengalir dari Kali Bekasi.

"Jadi kalau dari warga sini gak mungkin panjang kaya gini, liat aja. Ini mah kiriman," kata dia.

Baca Juga:  Kurangi Pencemaran Lingkungan dengan Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik

Sampah-sampah yang menumpuk itu, harap Ali, segera diangkut. Selain bau, kata Ali, nyamuk pun semakin banyak.

"Ini kan ganggu kesehatan, kalau dibiarin kan takut juga, kalau ujan banjir terus ngeluap ke kita gimana," kata Ali.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini