Sampah yang Menumpuk di Kali Blencong Berasal dari Kota Bekasi

Wisnu Yusep, Okezone · Jum'at 02 Oktober 2020 22:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 338 2287632 sampah-yang-menumpuk-di-kali-blencong-berasal-dari-kota-bekasi-P5O2pv34uy.jpg Kali Blencong dipenuhi sampah (Foto: Okezone/Wisnu Yusep)

BEKASI – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Jawa Barat Peno Suyatno menyebut, luapan sampah yang mengalir di Kali Blencong, Kabupaten Bekasi berasal dari hulu, yakni Kota Bekasi.

"Sampah dari wilayah hulu Kota Bekasi terus mendorong ke aliran wilayah hilir, Kabupaten Bekasi," kata Seno ketika dikonfirmasi wartawan, Jumat (2/10/2020).

Baca Juga:  Kali Blencong Bekasi Dipenuhi Sampah Sepanjang 200 Meter

Kondisi itu, kata dia, kerap terjadi ketika musim penghujan tiba. Sampah-sampah, klaim dia, selalu mengalir ke Kali Blencong.

"Seperti itu terus, jadi konsekuensinya seperti itu," klaim dia.

Sejauh ini, kata dia, pihaknya telah berkoordinasi dengan TNI untuk membersihkan Kali Blencong ini. "Setelah dibersihkan semua, kita akan buang ke TPA Burangkeng," jelas dia.

Pemkab Bekasi, kata dia, juga sudah melakukan upaya dengan Pemerintah Kota Bekasi dalam mengatasi permasalahan sampah ini.

Diketahui, aliaran Kali Blencong di Desa Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi dipadati sampah sepanjang 200 meter. Sampah-sampah itu menutupi seluruh badan sungai.

Pengamatan Okezone di lokasi, sampah-sampah itu didominasi sampah rumah tangga seperti plastik, stayrofoam, triplek, kayu dan ada pula ranting-ranting pohon. Temuan sungai sampah ini menjadi kesekian kali terjadi di Kabupaten Bekasi. Sebelumnya, belasan ton sampah pun diangkut dari sejumlah sungai, mulai dari Kali Pisang Batu hingga Kali Jambe.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini