Brimob Diterjunkan Buru Napi WN China yang Kabur dari Lapas Tangerang

Muhamad Rizky, Okezone · Sabtu 03 Oktober 2020 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 03 338 2287982 brimob-diterjunkan-buru-napi-wn-china-yang-kabur-dari-lapas-tangerang-M6GiG11itl.jpg Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus (Foto: okezone)

JAKARTA - Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan pengejaran terhadap terpidana mati kasus narkoba Chai Cangpan alias Cai Ji Fan terus dilakukan. Terbaru polisi mengerahkan pasukan Brimob guna membantu pencarian.

"Hari ini dibantu lagi di backup oleh teman-teman dari Brimob untuk melakukan pengejaran," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Sabtu (3/10/2020).

Baca Juga:  Polisi Sebut Napi WN China yang Kabur Sempat Keluar Hutan Beli Makanan

Yusri mengungkapkan, Chai memahami kondisi hutan di kawasan Tenjo, Bogor, Jawa Barat. Dengan kondisi itu pula ia memanfaatkan hutan untuk melakukan pelarian.

"Chai ini sebelum berurusan dengan aparat berwajib waktu masih tinghal daerah Tenjo sana memang sering melakukan kegiatan perburuan didalam (hutan) jadi dia menghapal, dia hapal hutan tersebut," ujarnya.

 

Di samping itu, kata Yusri, Chai juga memiliki kemampuan bertahan hidup atau survival yang dipelajari saat masih berada di China. "Dia memang lulusan tentara di China sana, makanya dia belajar survival, karena dia mantan tentara. Ini yang menjadi punya kemampuan daripada si Chai ini untuk bisa survival di dalam hutan," ungkapnya.

Meski begitu Yusri meyakini perburuan terhadap Chai akan terus dilakukan. Polisi juga telah mempersempit ruang gerak Chai dengan menyebarkan foto daftar pencarian orang (DPO) kepada masyarakat dikasawan Tenjo, Bogor.

"Kita sudah mengeluarkan DPO kepada warga dsana bahkan kemaren kita lakukan pemeriksaan ada laporan dari warga karena kita ketahui tidak akan mungkin dia bertahan kalau tidak mencari makan didalam hutan," tandasnya.

Baca Juga:  Diduga Bantu Napi WN China Kabur, 5 Petugas Lapas Tangerang Dinonaktifkan

Diketahui sebelumnya, Cai Chang Pan alias Cai Ji Fan (CJF) kabur dari Lapas Klas I Tangerang pada Jumat 18 September 2020 lalu. Ia kabur melalui sebuah lubang yang digalinya. Dalam pelarian itu Cai diduga juga memanfaatkan kelengahan petugas sehingga dapat menggali lubang tanpa diketahui. Adapu. Cai Ji Fan sendiri adalah narapidana Narkoba yang divonis hukuman mati sejak tahun 2017 lalu.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini