Tolak UU Cipta Kerja, Sejumlah Buruh Demo di Kawasan Industri Pulogadung

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Selasa 06 Oktober 2020 13:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 06 338 2289193 tolak-uu-cipta-kerja-sejumlah-buruh-demo-di-kawasan-industri-pulogadung-br6ViF9Qjo.jpg Demo Buruh dikawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur (foto: Sindonews/Okto)

JAKARTA - Sejumlah buruh menggelar aksi unjuk rasa di kawasan Pulogadung Jakarta Timur, Selasa (6/10/2020) siang. Aksi unjuk rasa tersebut merupakan bentuk penolakan atas disahkannya RUU Cipta Kerja yang dianggap bakal menyengsarakan nasib buruh di Indonesia.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Federasi Serikat Kerja Logam Elektronik dan Mesin Jakarta Timur, Endang Hidayat mengatakan, unjuk rasa kali ini dinamakan sebagai aksi mogok nasional menolak pengesahan UU Cipta Kerja yang dinilai tidak berpihak kepada buruh.

"Kita kecewa atas apa yang dilakukan anggota dewan di gedung DPR RI, mereka mengambil keputusan di saat keadaan masih dalam situasi pandemi," kata Endang di Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa (6/10/2020).

 Baca juga: Mogok Kerja, Buruh di Bogor: Solidaritas Menolak UU Omnibus Law 

Endang menjelaskan, seharusnya aksi mogok nasional ini dilakukan bersama seluruh serikat buruh Indonesia di depan gedung DPR/MPR RI. Namun, aksi tersebut mendapat larangan dari aparat Kepolisian lantaran DKI Jakarta masih menerapkan PSBB.

"Aksi kita sengaja digagalkan polisi, karena teman-teman di wilayah lain dilarang berangkat menuju Jakarta, dengan alasan masih dalam masa pandemi Covid-19," ujarnya.

 Baca juga: Buruh Demo UU Omnibus Law, Lalu Lintas di Tangerang Dialihkan 

Pantauan di lokasi, buruh hanya melakukan orasi di depan pabrik mereka di kawasan industri Pulogadung, Jakarta Timur sambil membentangkan poster bertuliskan 'Tolak Omnibuslaw RUU Cipta Kerja. PHK Muda, Upah Murah, Buruh Kontrak Seumur Hidup. Omnibuslawa = Matikan Buruh'. Selain itu pengamanan dari pihak Polrestro Jakarta Timur pun terlihat begitu ketat. Aparat berjaga disekitar lokasi agar buruh tidak merangsek ke gedung DPR RI.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini