Kericuhan Warnai Demo Mahasiswa Tolak UU Ciptaker di Depan Istana Bogor

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Rabu 07 Oktober 2020 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 338 2290030 kericuhan-warnai-demo-mahasiswa-tolak-uu-ciptaker-di-depan-istana-bogor-8IteYnCJeD.jpg Kericuhan warnai demo tolak UU Ciptaker di dekat Istana Bogor. (Foto: Okezone.com/Putra R)

BOGOR - Aksi unjuk rasa mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Bogor, di depan Istana kepresidenan Bogor sempat diwarnai kericuhan. Kericuhan dengan aparat keamanan itu terjadi saat mahasiswa mendekat ke Istana.

Pantauan Okezone, puluhan mahasiswa berorasi usai Sholat Zuhur berjamaah di depan Istana Kepresidenan Bogor. Satu per satu mahasiswa pun menyampaikan aspirasinya, terkait penolakan pengesahan RUU Cipta Kerja.

Namun, kericuhan terjadi saat mahasiswa mencoba mendekat ke pintu utama Istana. Beberapa aparat kepolisian yang sudah berjaga-jaga di depan para mahasiswa langsung menghalau massa.

Aksi saling dorong antara mahasiswa dengan aparat pun tidak terhindarkan. Beruntung, kericuhan tersebut tidak meluas dan berhasil diredam. 

(Foto: Okezone.com/Putra R)

Kericuhan serupa juga kembali terjadi ketika hujan cukup deras mengguyur kawasan tersebut. Lagi-lagi, kericuhan dapat diredam dan para mahasiswa melanjutkan orasinya, sembari membakar ban bekas di seberang pintu utama Istana Kepresidenan Bogor.

Baca juga: Demo Tolak UU Ciptaker, Mobil Pengangkut Tahanan Dirusak Massa di Pejompongan

Korlap aksi, Sofwan mengatakan, unjuk rasa ini sebagai bentuk penolakan terkait pengesahan RUU Cipta Kerja oleh DPR RI. Pengesahan tersebut dinilai terkesan dipaksakan di tengah pandemi Covid-19. 

"Kita menilai DPR melakukan pengesahan tergesa-gesa, apalagi di momentum covid yang dirasa semakin meningkat, pemerintah dan DPR malah fokus rumusan UU. Seharusnya fokus penanganan pandemi, bukan fokus mendatangkan investor dan mendatangkan TKA. Jadi sudah jelas kami menolak omnibus law dan menuntut untuk dibatalkan," kata Sofwan, kepada Okezone di lokasi, Rabu (7/10/2020). 

Rencananya, para mahasiswa ini akan kembali melakukan unjuk rasa dengan massa aksi yang lebih banyak. Diharapkan, apa yang menjadi aspirasi merka bisa tersampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Besok rencana dibagi dua di Bogor dan ada yang ke Jakarta. Berhubung kemarin cabang HMI lain ke Jakarta makanya kita bagi dua hari ini khusus HMI Kota Bogor, besok gabungan," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini