18 Pos Polisi Rusak Imbas Kericuhan Demo UU Ciptaker

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Jum'at 09 Oktober 2020 17:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 338 2291219 18-pos-polisi-rusak-imbas-kericuhan-demo-uu-ciptaker-fm1Obfbfnf.jpg Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyatakan ada 18 pos pengamanan (Pospam) atau Pos Polisi (Pospol) yang rusak dan dibakar oleh massa demonstrasi penolakan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja, Kamis (8/10/2020).

"Fasilitas daripada Polisi yang dilakukan perusakan dan pembakaran oleh para perusuh totalnya ada 18 fasilitas pos pengamanan (Pam). Ada 9 dirusak berat, dan 9 dibakar," ungkap Yusri di Mapolda Metro, Jumat (9/10/2020).

Ia turut merincikan 18 pos polisi yang dirusak dan dibakar oleh massa. Mulai dari pos lalu lintas (lantas) yang berada di Hayam Wuruk, lalu pos pam Harmoni, pos polisi Sarinah, pos polisi Monas barat daya, pos polisi Atmajaya, pos polisi disamping pintu Polda Metro Jaya.

"Kemudian pos polisi pintu senayan, ada di Tugu Tani, pos polisi simpang Lima Senen, ada di pos polisi RS Carolus, pos polisi Petojo, pos polisi Grogol, Satwil Lantas Tomang, pos polisi di Tomang, pos polisi Asemka, pos polisi Olimo," beber Yusri.

Lebih jauh, menurut Yusri terdapat juga fasilitas umum yang dirusak oleh massa. Ia mengatakan sejauh ini berdasarkan data yang dimiliki pihaknya ada 18 halte.

“Yang kita ketahui ada 18 halte yang dilakukan perusakan dan pembakaran dan ada beberapa tempat-tempat fasilitas lain termasuk (di) Senen dan juga beberapa kendaraan yang sudah dirusak oleh para perusuh-perusuh ini,” papar Yusri.

Sebagaimana diketahui, demo menolak UU Cipta Kerja yang berlangsung di kawasan Patung Kuda, Jalan Merdeka Barat, ricuh pada Kamis 8 Oktober 2020 kemarin, massa membakar halte Transjakarta hingga Pos Polisi.

Tak hanya itu, massa yang sempat bentrok dengan petugas kepolisian juga melajukan penyerangan terhadap petugas. Mereka juga sebagian ada yang membakar kendaraan.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini