Tangani 86 Santri Positif Covid-19, Bupati Bogor Bentuk Satgas Ponpes

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Senin 12 Oktober 2020 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 338 2292430 tangani-86-santri-positif-covid-19-bupati-bogor-bentuk-satgas-ponpes-GNeDxYjelZ.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

BOGOR - Sebanyak 86 santri dari tiga pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Bogor dilaporkan positif covid-19. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor pun akan membentuk Satgas Covid-19 Ponpes.

"Sudah ada 3 pesantren yang kena, jadi ini menjadi perhatian kami dan ini akan kami tindak lanjuti dengan membentuk satgas pondok pesantren. Jadi satgas ini akan kita bentuk di pesantren masing-masing, ini semua kita lakukan untuk menjaga," kata Bupati Bogor Ade Yasin pada Senin (12/10/2020).

Rinciannya, 2 santri positif di Kecamatan Gunung Putri, 77 santri di Kecamatan Cigombong, dan 7 santri di Kecamatan Leuwiliang. Mereka diduga terpapar dari kunjungan orang luar ke ponpes maupun sebaliknya.

"Dari luar sepertinya atau ada pergerakan dari dalam keluar atau sebelumnya. Makannya nanti Satgas Pondok Pesantren ini mesti didampingi dan berkoordinasi dengan satgas kecamatan," jelas Ade.

Nantinya Satgas Covid-19 Ponpes akan mengawasi aktivitas keluar masuk santri, termasuk memperhatikan kunjungan keluarga santri dan tenaga pengajar.

"Tugas Satgas mengawasi karena dalam perbup pesantren hanya boleh beraktivitas di dalam pondok pesantren, tidak boleh keluar. Jadi tidak boleh ada keluar-masuk, bahkan ditengok pun tidak boleh. Itu juga berlaku untuk tenaga pengajar," tegasnya.

Baca Juga: Jumlah Santri Terpapar Covid-19 di Ponpes Husnul Khotimah Capai 412 Orang

Saat ini sebagian santri yang terpapar Covid-19 sedang dalam perawatan, sebagian lainnya menjalni isolasi di ponpes masing-masing dengan pengawasan.

"Sudah dirawat, tapi sebagian dilakukan isolasi di pondok pesantrennya oleh petugas kesehatan, jadi kita isolasi di blok sendiri dengan pengawasan. Kita juga koordinasikan dengan Kemenag, makannya kita batasi dengan rambu-rambu itu," ucap Ade Yasin.

Ia juga berharap jika ditemukan ada kasus baru positif covid-19 di lingkungan ponpes, pengurus segera melaporkannya ke satgas untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: Sejumlah Santri Tarekat di Blitar Positif Virus Corona 

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini