Kabar Baik, Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Bekasi Tembus 91%

Abdullah M Surjaya, Koran SI · Selasa 13 Oktober 2020 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 338 2292880 kabar-baik-tingkat-kesembuhan-pasien-covid-19-bekasi-tembus-91-LYuTYUg2rO.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BEKASI - Meski masuk wilayah zona merah, tingkat kesembuhan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bekasi menembus angka 91 persen. Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah mengatakan, penanganan wabah di daerahnya menunjukkan hasil positif.

Data per hari ini, Selasa (13/10/2020), terdapat 81 kasus dinyatakan sembuh, disertai penambahan 19 kasus positif baru.

”Semakin terkendali, persentase ini menjadi yang tertinggi selama pandemi corona di Bekasi,” ucap Alamsyah.

Dari total 3.510 kasus positif selama pandemi, 3.155 orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh, sedangkan 50 orang meninggal dunia. Sementara 162 pasien Covid-19 kini tengah dirawat di rumah sakit dan 143 orang lainnya melakukan isolasi secara mandiri.

”Angka kesembuhan 91 persen, meninggal 1 persen,” ungkapnya.

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Selanjutnya, 4 persen dirawat di rumah sakit dan 4 persen sisanya isolasi mandiri. Saat ini, kata dia, penanganan Covid-19 akan terus dioptimalkan melalui sejumlah upaya masif, mulai dari mengintensifkan pelacakan, penelusuran, penapisan, hingga upaya kuratif tingkat awal untuk mencegah penyebaran Covid-19.

”Tes usap terus kita intensifkan untuk mendeteksi penyebaran virus, jadi jangan kaget kalau statistik angka kesembuhan yang tinggi juga disertai penambahan kasus karena semua sektor kita jajaki, mulai dari lingkungan permukiman, kawasan industri, perkantoran, hingga aktivitas sosial kemasyarakatan,” jelasnya.

Baca juga: Angka Kematian Covid-19 di Jawa Timur Tertinggi di Indonesia

Alamsyah mengatakan, tim gugus tugas juga tengah fokus menangani penyembuhan pasien Covid-19 klaster industry, terutama di PT Epson Indonesia, sebagai upaya keluar dari zona merah. Dari total 1.382 kasus positif di PT Epson Indonesia, pihaknya mengklaim tingkat kesembuhannya saat ini hampir mendekati 50 persen.

”Klaster industri memang menjadi penyumbang mayoritas kasus di kita sehingga kita masih sulit keluar dari zona merah. Ini yang terus kita upayakan dan saat ini sudah 529 lebih yang sembuh dari klaster PT Epson, itu data tiga hari lalu, sudah mendekati 50 persen,” ucapnya. Untuk itu, masyarakat Bekasi tetap mematuhi protokol kesehatan dan jaga jarak.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini