Kebut Pembangunan Sumur Resapan, 2 Bangunan Liar di Cipinang Melayu Dibongkar

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Rabu 14 Oktober 2020 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 338 2293746 kebut-pembangunan-sumur-resapan-2-bangunan-liar-di-cipinang-melayu-dibongkar-Y6akbFaZFd.jpg Petugas membongkar bangunan liar di Cipinang Melayu, Jakarta Timur (Foto: Dok Kelurahan Cipinang Melayu/Okto Rizki Alpino)

JAKARTA - Petugas gabungan Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur menertibkan dua bangunan liar di Jalan Raya Kalimalang. Rencananya, kawasan tersebut akan dibangun sumur resapan untuk mengatasi banjir banjir yang kerap terjadi di wilayah RW 03 dekat Rumah Sakit Harus Sisma Medika.

Lurah Cipinang Melayu, Agus Sulaeman mengatakan, bangunan yang ditertibkan yakni rumah tinggal berlantai dua dan bengkel tambal ban semi permanen. "Kita tertibkan bangunan ini supaya tidak bertambah banyak lagi bangunan liar," kata Agus saat dikonfirmasi di Makasar, Jakarta Timur, Rabu (14/10/2020).

Baca Juga: Atasi Banjir, Pemkot Jaktim Bangun 900 Sumur Resapan 

Saat memasuki musim penghujan, Cipinang Melayu menjadi daerah rawan banjir yang diakibatkan karena tidak memiliki sumur resepan. Oleh karena itu, pihaknya berencana membangun lebih banyak lagi sumur resapan sebagai upaya menanggulangi banjir di Cipinang Melayu.

"Kita akan bangun sumur sebagai antisipasi genangan saat musim hujan nanti. Untuk pengerjaannya sudah kita usulkan ke Sudin Sumber Daya Air Jakarta Timur," ujarnya.

Agus menuturkan, selain menertibkan bangunan liar, dalam waktu dekat pihaknya juga akan menertibakan pemancingan liar yang dibuat warga di atas tanah milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Proses penertiban dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku, yakni terlebih dulu mengirimkan surat peringatan kepada pemilik bangunan liar.

"Kita tertibkan pemancingan liar di aliran Kali Sunter yang ada di RW 09. Tapi karena luas area mencapai 3.000 meter kita membutuhkan alat berat untuk membongkar bendungan," tuturnya. 

Sebelumnya, Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar menyatakan akan segera membangun 900 ribu sumur resapan di 10 Kecamatan di Jakarta Timur sebagai langkah penanganan genangan dan banjir di musim penghujan.

"Dengan adanya sumur resapan diharapkan dapat menampung air lebih banyak. Dapat mengurangi genangan dan banjir," ujar Anwar, Jumat 4 September 2020.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini