Hari Cuci Tangan Sedunia, Ini Pesan Bima Arya untuk Warga Bogor

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Kamis 15 Oktober 2020 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 338 2294022 hari-cuci-tangan-sedunia-ini-pesan-bima-arya-untuk-warga-bogor-8x1oSz4i25.jpg Wali Kota Bogor Bima Arya hadiri peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia. Foto: Putra Ramadhani Astyawan-Okezone

BOGOR - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengingatkan pentingnya mencuci tangan untuk mencegah penularan Covid-19. Hal ini ia utarakan karena masih ada warga yang malas untuk cuci tangan.

"Bulan lalu dari 3 kebiasaan, itu cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak. Paling sulit untuk dilakukan yang tidak biasa adalah jaga jarak. Yang paling mudah dilakukan untuk warga bogor adalah paki masker," kata Bima usai menghadiri Peringan Hari Cuci Tangan Sedunia di Lapangan Ekspresi, Kota Bogor, Kamis (15/10/2020).

Berdasarkan survei, sebanyak 8 persen warganya jarang mencuci tangan. Kemudian 50 persen sering, dan terkahir 30 persen selalu mencuci tangan.

"Padahal kita inginnya yang selalu ini 80 persen. Jadi PR-nya adalah menjadikan cuci tangan dengan sabun ini menjadi kebiasaan warga Kota Bogor," jelasnya.

Baca Juga: Polisi Tangkap 4 Orang Terkait Dugaan Ambulans Bawa Batu Untuk Pendemo Tolak Omnibus Law

Bima menambahkan, kebiasaan mencuci cukup erat kaitannya dengan klaster keluarga yang menjadi penularan tertinggi di Kota Bogor. Terlebih, bagi mereka yang beraktivitas tinggi di luar rumah.

Untuk itu ia berpesan agar semua warga selalu cuci tangan ketika pulang ke rumah. "Berdasarkan data kita sekarang ini klaster keluarga nomor satu, yang terpapar dari anggota keluarga yang beraktivitas di luar rumah. Jadi harus dibiasakan pulang dari manapun itu cuci tangan, mau makan cuci tangan. Karena ini adalah benteng terakhir kita. Benteng terakhir warga ya cuci tangan. Masuk rumah masih bisa diatasi dengan cuci tangan," tutup Bima.

Baca Juga: Ini Tips Cuci Tangan yang Benar Guna Mengusir Kuman 

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini