Kadinkes DKI: Rajin Cuci Tangan Pakai Sabun Turunkan Penularan Covid-19 hingga 35%

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Kamis 15 Oktober 2020 14:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 338 2294079 kadinkes-dki-rajin-cuci-tangan-pakai-sabun-turunkan-penularan-covid-19-hingga-35-yqupVW7kuS.jpg Foto: Shutterstock

JAKARTA - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, perilaku rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dapat menurunkan risiko penularan virus corona mencapai 35%.

"Terkait dengan Covid, kita tahu bahwa jurnal ilmiah menyebutkan bisa menurunkan penularan covid kurang lebih 35 persen," kata Widyastuti dalam acara webinar bertajuk 'Kampanye Nasional dan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia', Kamis (15/10/2020).

Dia juga mendorong masyarakat untuk membiasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan selalu mencuci tangan.

Widyastuti menambahkan, Pemprov DKI Jakarta telah gencar mengkampanyekan gerakan mencuci tangan semenjak awal pandemi Covid-19 pada Maret 2020 lalu.

"Dengan gerakan cuci tangan yang sangat sederhana bisa menurunkan risiko penularan penyakit menular baik itu akibat virus maupun kuman," paparnya.

Menurut dia, mencuci tangan tersebut dilakukan dengan gerakan 3M protokol kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan guna memutus penyebaran Covid-19.

Pemprov DKI Jakarta menerbitkan Pergub Nomor 80 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman, dan Produktif.

"Terkait dengan Covid tadi, di DKI Jakarta sesuai dengan rencanangan sejak Maret yg lalu, sudah banyak dikeluarkan regulasi," tuturnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini