Dinkes DKI Dorong Gerakan Cuci Tangan Masuk Kegiatan Ekskul

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Kamis 15 Oktober 2020 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 338 2294132 dinkes-dki-dorong-gerakan-cuci-tangan-masuk-kegiatan-ekskul-UluAuzbNHw.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

JAKARTA - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memasukkan gerakan cuci tangan ke dalam kegiatan ekstrakurikuler atau ekskul di sekolah karena dinilai efektif mencegah penularan virus corona atau Covid-19.

Kadinkes DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, saat ini kebiasaan rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir wajib dilakukan guna menurunkan risiko penularan Covid-19 dan penyakit lainnya.

"Mungkin Kementerian Pendidikan sudah bergerak untuk memasukkan dalam ekstrakurikuler atau modul pembelajaran yang mengajak sejak paud, tuk selalu memasukkan, tentang ajaran cuci tangan ini dengan baik dan benar," ujar Widyastuti dalam webinar, Kamis (15/10/2020).

Menurut Widyastuti, gerakan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir akan membiasakan anak Indonesia hidup bersih dan mengurangi penularan penyakit atau virus corona di dunia pendidikan.

"Tujuan kita untuk menurunkan penyakit menular yang bisa dicegah dengan mencuci tangan bisa dikendalikan termasuk dalam hal pengendalian penyakit covid," tuturnya.

Baca Juga : Kadinkes DKI: Rajin Cuci Tangan Pakai Sabun Turunkan Penularan Covid-19 hingga 35%

Widyastuti menambahkan, ke depan pelajar dan masyarakat perlu menerapkan Perilaku, Hidup, Bersih dan Sehat (SHBS) dalam kesehariannya.

"Pembelajaran sejak dini melalui anak anak sekolah, sejak mulai PAUD sudah harus mulai diajarkan tentang gerakan ini (rajin cuci tangan) jadi kita masukkan dalam elemen di institusi pendidikan," tuturnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini