BPBD DKI: Pintu Air Pasar Ikan Jakarta Utara Siaga II Banjir

Riezky Maulana, iNews · Sabtu 17 Oktober 2020 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 17 338 2295132 bpbd-dki-pintu-air-pasar-ikan-jakarta-utara-siaga-ii-B9aNRn5YYJ.jpg Pintu Air Pasar Ikan. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melalui unggahan di akun Twitter resmi @BPBDJakarta mengumumkan bahwa pada Sabtu (17/10/2020) pagi, pukul 10.00 WIB Pintu Air (PA) Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara mencapai status siaga II. Ketinggian muka air dalam rentang waktu tersebut tercatat setinggi 216 cm.

Cuaca di sekitar pintu air dilaporkan cerah. Adapun kondisi air terus meningkat, pada pukul 09.00 WIB status PA Pasar Ikan masih siaga III atau waspada dengan kondisi cuaca terang serta tinggi muka air 198 cm.

BACA JUGA Jakarta Diguyur Hujan Deras, Pintu Air Pulo Gadung Siaga 3 dan Jembatan Merah Siaga 2

Akibat status siaga II di PA Pasar Ikan, sejumlah wilayah di sekitarnya pun terancam turut terdampak banjir. Masih berdasarkan unggahannya, wilayah yang dimaksud oleh BPBD yakni Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Ancol, Pluit, Kamal, Marunda, Cilincing, dan Kalibaru.

BPBD pun telah melakukan berbagai upaya dengan menyebarkan informasi tersebut melalui camat dan lurah di beberapa wikayah yang berpotensi tergenang banjir. Serta menyebarkan informasi itu melalui media sosial.

“Waspada musim hujan, hubungi 112 untuk informasi lebih lanjut,” tulis imbauan dalam cuitan tersebut.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 30 wilayah setingkat rukun tetangga (RT) dan 25 ruas jalan di 5 wilayah Jakarta tergenang air. Genangan tersebut imbas hujan sejak Jumat (16/10/2020) petang.

BACA JUGA: Antisipasi Banjir di Jakarta, Gubernur Anies: Pintu Air Sudah Diatur

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) BPBD DKI Jakarta Mohammad Insyaf mengatakan, saat ini belum ada warga yang pengungsi.

"Berdasarkan data yang masuk terakhir pada pukul 18.00 WIB, ada 30 RT dan 25 ruas jalan tergenang," ujar Insyaf di Jakarta, Jumat.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini