Wagub Ariza Buka-bukaan soal 3 Penyebab Banjir Jakarta

Bima Setiyadi, Koran SI · Minggu 18 Oktober 2020 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 18 338 2295562 wagub-ariza-buka-bukaan-soal-3-penyebab-banjir-jakarta-NwwEQbX6cS.jpg Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memprediksi akan terjadi peningkatan debit air pada akhir tahun ini. Hal itu disebabkan tiga penyebab banjir di Ibu Kota.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Ariza) mengatakan, kondisi geografis Jakarta itu luas wilayahnya terdiri dari daratan rendah. Untuk itu, ada tiga penyebab banjir di Ibu Kota. Pertama, banjir akibat hujan lokal, kemudian banjir kiriman dari hulu dan ketiga karena air laut mengalami pasang atau banjir rob.

"Curah hujan setiap tahun terus meningkat tidak seperti biasanya. Kemudian, ada perubahan cuaca iklim la Nina. Dipastikan Desember atau awal tahun akan terjadi peningkatan debit air di Jakarta," kata Ariza saat Kerja Bakti Penanggulangan Banjir di Kali Sentiong, Johar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (18/10/2020).

Baca Juga:  Diguyur Hujan, Kawasan Kebon Jeruk Jakbar Banjir 1 Meter

Ariza menjelaskan, untuk memproduksi hal tersebut perlu upaya ekstra. Apalagi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengeluarkan instruksi kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dari mulai lurah, camat hingga walikota dan perangkat daerah lainnya untuk terlibat aktif dalam penanganan banjir.

Di antaranya yaitu, kata Ariza, program gerebek lumpur di 13 sungai, danau, situ, embung dan sebagainya. Kemudian, membuat sodetan sodetan dan mempersiapkan seluruh pompa diperbaiki dan dievaluasi. Termasuk mempersiapkan petugas serta membuat program early warning system.

"Kami juga membuat sumur resapan. Ada dukungan dari Menteri Pekerjaan Umum Basuki terkait waduk di Ciawi dan Cimahi. Ada bantuan anggaran Rp 5 triliun untuk penanganan banjir selama dua tahun ke depan. Tidak kalah penting, mari kita semua masyarakat warga Jakarta untuk disiplin tidak membuang sampah yang ketiga juga membantu membersihkan lingkungan sekitarnya," pungkasnya.

Baca Juga:  Wagub DKI Minta Lurah dan Camat Data Bangunan di Bantaran Kali

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini