Ini Analisis Polisi Atas Kematian Cai Changpan

Puteranegara Batubara, Okezone · Senin 19 Oktober 2020 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 338 2295886 ini-analisis-polisi-atas-kematian-cai-changpan-DNHPY7oiaa.jpg Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Terpidana mati kasus narkoba Cai Changpan ditemukan meninggal dunia gantung diri, setelah berhasil kabur dari Lapas Klas I Tangerang, dengan cara menggali lubang sepanjang 30 meter.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana mengungkapkan, berdasarkan hasil analisis sementara, Cai Changpan merasa terdesak oleh perburuan aparat kepolisian lantaran lokasi pelariannya sudah terkepung.

"Saya sampaikan kenapa arahnya kesana, karena kami serius pengejaran saya yakin jalan pintas (gantung diri) ia ambil karena terdesak, kami pun pencarian gunakan masyarakat situ. Jadi dia tak ada jalan lain untuk lokasi kami sudah kepung untuk lokasi memungkinkan ke tempat lain sudah terkepung," kata Nana dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Senin (19/10/2020).

Baca juga:

 Tewas Gantung Diri, Cai Changpan Punya Banyak Aset di Bogor   

Kapolda Metro Ungkap Hasil Autopsi Kematian Cai Changpan


Nana menyebut, keputusan gantung diri Cai Changpan itu lantaran yang bersangkutan kesulitan mencari tempat persembunyian lainnya. Mengingat, tim khusus gabungan aparat kepolisian terus melakukan pemburuan terhadap Cai Changpan.

"Sehingga ada rasa merasa tempat dia berlindung sulit. Karena anggota kami terus mobile sehingga ada jalan pintas dalam pikirannya untuk bunuh diri di tempat pembakaran ban di Jasinga. Ini hasil analisa kami," ujar Nana.

 

Dalam pengejaran pelarian Cai Changpan yang hampir memakan waktu satu bulan itu, polisi mengerahkan 291 personel gabungan.

Dari hasil autopsi ditemukan adanya luka tekan di leher, kemudian tidak ditemukannya tanda kekerasan dan tidak adanya bukti yang menyatakan bahwa Cai Changpan di bawah pengaruh alkohol.

Cai Changpan alias Cai Ji Fan (CJF) kabur dari Lapas Kelas I Tangerang pada Jumat 18 September 2020 lalu. Ia kabur melalui sebuah lubang yang digalinya.

Dalam pelarian itu Cai Changpan diduga juga memanfaatkan kelengahan petugas sehingga dapat menggali lubang tanpa diketahui. Adapun Cai Ji Fan sendiri adalah narapidana Narkoba yang divonis hukuman mati sejak tahun 2017 lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini