Turap Kali Sunter di Pulogadung Kembali Amblas Pasca-Hujan Deras

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Senin 19 Oktober 2020 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 338 2296072 turap-kali-sunter-di-pulogadung-kembali-amblas-pasca-hujan-deras-ttxYZcWo6B.jpg (Foto: Sindonews)

JAKARTA - Turap Kali Sunter di Jalan Cinta, Pulogadung, Jakarta Timur amblas akibat diterjang derasnya debit air pasca-diguyur hujan pada Senin (19/10/2020). Turap sepanjang 25 meter itu hancur dan warga sekitar khawatir jalan di sekitar lokasi ikut amblas.

Mulyono, warga sekitar mengatakan, amblasnya turap tersebut bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya pada Rabu 8 Januari 2020, turap tersebut pun sempat amblas imbas hujan yang mengguyur Jakarta pada awal 2020.

"Dulu itu diperbaiki cuma dipasang kayu dolken aja. Amblasnya turap ini sudah tiga kali terjadi," ujar Mulyono di lokasi, Senin (19/19/2020).

Sementara itu, Camat Pulogadung Bambang Pangestu menuturkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Sudin Sumber Daya Air (SDA) untuk meperbaiki turap yang amblas.

"Kalau kami dari Kecamatan udah koordinasi ke Sudin SDA selaku penanggung jawab. Itu sedang diperbaiki dengan pemasangan dolken," kata Bambang saat dihubungi. 

Baca juga: Terdampak Banjir, Puluhan Warga Jakarta Selatan Dievakuasi Petugas

Menurut dia, kontur tanah di sekitar turap rawan amblas. Oleh karena itu pihaknya meminta Sudin SDA agar serius dalam memperbaiki turap tersebut guna mencegah hal yang tak diinginkan.

“Kita berharap semoga pekerjaan turap ini bisa lebih kokoh agar tidak amblas lagi," ujarnya.

Dikatakan Bambang, titik amblasnya turap kali Sunter kali ini berbeda lokasi dari insiden sebelumnya. "Sudah terjadi longsor beberapa kali, cuma bukan berada di titik yang sama," tukasnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini