Ingat! Ini Sanksi PKL Melanggar Perda Covid-19 DKI Jakarta

Bima Setiyadi, Koran SI · Senin 19 Oktober 2020 21:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 338 2296236 ingat-ini-sanksi-pkl-melanggar-perda-covid-19-dki-jakarta-qlUlSEbOol.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jakarta wajib melaksanakan perlindungan kesehatan masyarakat, dengan melaksanakan edukasi dan protokol kesehatan Covid-19. Apabila melanggar, sanksi teguran tertulis hingga pembubaran akan dilakukan.

Hal itu tercantum dalam pasal 16 Peraturan Daerah (Perda) tentang Penanggulangan Covid-19 di Jakarta. Pedagang kaki lima/lapak jajanan pada lokasi binaan, lokasi sementara serta lokasi tertentu lainnya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10 huruf f, wajib melaksanakan perlindungan kesehatan masyarakat, yang  meliputi: melaksanakan edukasi dan protokol pencegahan Covid-19; dan melakukan pembatasan interaksi fisik antar pengunjung” 

"Pedagang kaki lima/lapak jajanan pada lokasi binaan, lokasi sementara serta lokasi tertentu lainnya yang tidak melaksanakan kewajiban perlindungan kesehatan masyarakatn dikenakan sanksi administratif berupa teguran tertulis  dan pembubaran kegiatan," demikian Seperti yang dikutip dalam Perda Tentang Penanggulangan Covid-19 di Jakarta, Senin (19/10/2020).

Pengenaan sanksi administratif sebagaimana dimaksud dilaksanakan dengan ketentuan: a. terhadap pedagang kaki lima/lapak jajanan pada lokasi binaan, lokasi sementara dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah; dan b. terhadap Pedagang kaki lima/lapak jajanan pada lokasi tertentu lainnya dilaksanakan oleh Satpol PP.

Baca juga: Tak Ada Sanksi Pidana Kurungan di Perda Penanggulangan Covid-19, Hanya Denda

"Ketentuan lebih lanjut mengenai perlindungan kesehatan masyarakat pada kaki lima/lapak jajanan pada lokasi binaan, lokasi sementara serta lokasi tertentu lainnya, dan pengenaan sanksi administratif diatur dalam Peraturan Gubernur," bunyi kutipan Perda yang baru saja disahkan itu.

Diketahui sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta akhirnya memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang penanggulangan Covid-19, Senin (19/10/2020). Perda berisi 11 bab dengan 35 pasal itu mengatur sanksi pidana hingga kepastian usaha di masa pandemi. 

 

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini