Polisi Tangkap 3 Admin Medsos Ajak Anak STM Ricuh saat Demo

Erfan Maaruf, iNews · Selasa 20 Oktober 2020 09:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 338 2296395 polisi-tangkap-3-admin-medsos-ajak-anak-stm-ricuh-saat-demo-N80fDsMIXj.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Polisi menangkap tiga pemuda yang diduga menggerakkan massa berbuat kericuhan dalam demo terkait UU Omnibus Law Cipta Kerja pada Kamis (8/10) dan Selasa (13/10). Ketiganya berinisial MLAI (16), WH (16) dan SN (17).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, tiga pemuda berperan mengajak, memprovokasi, hingga menyebarkan berita bohong melalui media sosial.

"Tiga orang ya, yang memang sebagai provokasi, penghasutan, serta ujaran kebencian dan berita bohong yang tersangkut masalah demo kemarin untuk undangan yang STM itu," kata Yusri saat dihubungi melalui telefon, Selasa (20/10/2020).

Yusri menjelaskan, dua pemuda berinisial MLAI dan WH merupakan admin akun Facebook STM Se-Jabodetabek. Dalam akun itu, keduanya melakukan penghasutan kepada followers-nya yang mencapai 20.000 pengikut untuk melakukan kerusuhan demo.

"Yang pertama itu adalah mengamankan 2 orang khususnya STM ya. 2 orang karena ditemukan dalam grup Facebook STM se-Jabodetabek followers-nya sekitar 20.000 members. Kedua orang ini adalah admin daripada grup itu," ucapnya.

Selanjutnya, pemuda SN merupakan admin akun Instagram @panjang.umur.perlawanan. Pelaku juga berperan melakukan penghasutan dan provokasi untuk melakukan kerusuhan.

Baca juga: Polisi Tangkap 6 Pelaku Kericuhan Demo di Daan Mogot Tangerang

"Bukan (untuk demo), ini semua untuk melakukan kerusuhan, bukan demo, ini dihasut untuk kumpul, untuk melakukan kerusuhan," ungkapnya.

Ketiga orang ini juga kembali mengajak membuat kerusuhan kepada para pengikutnya di media sosial dalam aksi demo pada Selasa (20/10/2020) hari ini.

 

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini