Tangani Banjir, DKI Petakan Lokasi Program Naturalisasi dan Normalisasi Kali

Agregasi Sindonews.com, · Selasa 20 Oktober 2020 21:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 338 2296875 tangani-banjir-dki-petakan-lokasi-program-naturalisasi-dan-normalisasi-kali-bYDZC5TzQG.jpg Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta masih memetakan lokasi untuk program naturalisasi dan normalisasi kali di Jakarta. Pemetaan dilakukan karena kedua program pengendalian banjir tersebut akan secepatnya direalisasikan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Ariza) mengatakan, Pemerintah Pusat dengan kewenangan mengelola 13 sungai yang melintas di Jakarta memiliki program normalisasi. Sementara, Pemprov DKI Jakarta juga memiliki program naturalisasi.

Menurut Ariza, kedua program tersebut memiliki tujuan yang baik untuk mengatasi banjir di Ibu Kota. Terpenting, bisa diintegrasikan dengan baik.

"Tugas kita memastikan mana yang harus diterapkan dengan program normalisasi dan mana yang dengan program naturalisasi," kata Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (20/10/2020)

Baca Juga:  Musim Hujan, BPBD Pantau Lokasi Berpotensi Banjir di Jakarta

Ariza tidak menjelaskan secara detail bagaimana dan dimana program naturalisasi yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta akan dilakukan. Namun, dia memastikan bahwa semua program pengendalian banjir akan diintegrasikan. Dia pun berterimakasih kepada Pemerintah Pusat yang telah membangun dua waduk di Ciawi dan Cimahi, Jawa Barat sebagai langkah pengendalian banjir dari hulu.

"Masih banyak tugas kita, ada 13 sungai. Prinsipnya semua punya program baik yang penting tinggal kita akomodir dan mensinergikan dengan baik," pungkasnya.

Program naturalisasi sungai merupakan program prioritas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam mengendalikan banjir Jakarta. Naturalisasi sendiri merupakan penataan bantaran sungai yang lebih ramah lingkungan. Konsep naturalisasi memperlebar sungai dengan mengikuti bentuk alur sungai.

Baca Juga:  Hujan Deras, Kuningan hingga Kampung Melayu Macet Parah

Sedangkan normalisasi adalah yakni mengembalikan bentuk sungai sesuai dengan peruntukan serta bentuk awalnya. Sayangnya, sejak memimpin DKI pada 2017 lalu, naturalisasi belum berjalan maksimal dan banjir masih menghantui warga bantaran kali.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini