Imbas La Nina, Curah Hujan di Bogor Meningkat 40 Persen

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Jum'at 23 Oktober 2020 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 338 2298450 imbas-la-nina-curah-hujan-di-bogor-meningkat-40-persen-X8nCZSU272.jpg Ilustrasi (Dok. okezone)

BOGOR - Badan Meterorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Citeko menyebut curah hujan di wilayah Bogor mengalami peningkatan yang cukup signifikan hingga 40 persen dari biasanya. Hal itu disebabkan dampak dari fenomena La Nina.

"Kota Bogor sendiri terdampak dengan fenomena la nina ini dengan peningkatan curah hujan 20 sampai 40 persen dari normalnya pada bulan ini," kata Kepala Stasiun BMKG Citeko, Bogor, Asep Firman Ilahi, kepada wartawan, Jumat (23/10/2020).

Peningkatan curah hujan itu pun menimbulkan hujan dengan intensitas sedang hingha berat juga dibarengi angin kencang dan petir. Untuk itu, BMKG mengimbau kepala daerah setempat mengantisipasi bencana yang ditimbulkan seperti pohon tumbang dan longsor.

"Banyak juga tanah longsor di musim penghujan biasanya disertai kegiatan tektonik beberapa hari sebelumnya. Jadi aktifitas tektonik dan fenomena La Nina pasangan mengerikan," ungkap Asep.

Menanggapi fenomena tersebut, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengaku pihaknya sudah mempunyai berbagai langkah untuk mengantisipasi bencana. Seperti melakukan normaliasasi saluran air, mitigasi bencana, naturalisasi Sungai Ciliwung hingga sosialisasi ke masyarakat di zona merah bencana.

"Nggak ada yang khusus, karena memang sudah rutin (antisipasi bencana). Tapi yang pasti kita akan sosialisasi kepada warga semuanya agar berhati-hati. Bukan saja musim penghujan, tapi BMKG juga sudah mengirim sinyal bahwa situasinya tidak menentu cuacanya. Bisa berubah dengan cepat," ucap Bima.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini