Bogor Diguyur Hujan Deras, Ratusan Rumah Terendam Banjir & Longsor

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Sabtu 24 Oktober 2020 23:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 24 338 2299046 bogor-diguyur-hujan-deras-ratusan-rumah-terendam-banjir-longsor-k0CaiznO9A.jpg Warga bogor kebanjiran usai diterjang hujan deras (foto: BPBD Kota Bogor)

BOGOR - Sebanyak 208 rumah warga di wilayah Kota Bogor terendam banjir lintasan. Banjir disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi yang mengguyur hampir seluruh wilayah tersebut sejak sore tadi.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Priyatnasyam mengatakan, banjir terparah berada di Kampung Ceger, Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara. Di lokasi ini, terdapat 2 RT yang terendam banjir lintasan dengan ketinggian 20-30 centimeter.

"Ada 48 rumah di RT 05 RW 11 dan 50 rumah di RT 01 RW 11. Ini karena meluapnya drainase dan Kali Ciheuleut," kata Priyatna, dalam keterangannya, Sabtu (24/10/2020).

 Bogor

Kemudian, banjir lintasan juga merendam 60 rumah warga di Kampung Ciheuleut, Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara. Luapan air sempat merendam rumah dengan ketinggian hingga 1 meter.

"Banjir ini karena meluapnya aliran kali Ciparigi," jelasnya.

Lalu, tambah Priyatna, banjir lintasan turut merendam 50 rumah warga yang berada di Perumahan Pondok Aren, Kelurahan Ciluar, Kecamatan Bogor Utara. Banjir di lokasi ini, mencapai ketinggian 30 centimeter.

"Banjir lintasan di perumahan ini karena hujan dengan intensitas deras dan jebolnya tanggul kali yang berada di dekat perumahan," tambah Priyatna.

Terakhir, banjir sempat masuk ke area SMAN 2 Kota Bogor di Komplek Perumahan Budi Agung, Kelurahan Sukadamai, Kecamatan Tanah Sareal. Air masuk disebabkan jebolnya tembok pembatas sekolah sepanjang 30 meter dengan tinggi 2 meter karena meluapnya Kali Budi Agung yang tersumbat longsor.

"Pembersihan material longsoran sedang dilakukan pihak sekolah," tambahnya.

Saat ini, banjir lintasan di seluruh wilayah perlahan surut. Tidak hanya banjir lintasan, beberapa titik di Kota Bogor juga diterjang bencana lainnya seperti tanah longsor, pohon tumbang hingga rumah ambruk.

"Semuanya sedang dalam assesment BPBD. Tidak ada korban jiwa atau luka dalam bencana ini," turtup Priyatna.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini