Banjir Terjang Permukiman Bantaran Kali Bekasi, Berikut Titik-titiknya

Abdullah M Surjaya, Koran SI · Minggu 25 Oktober 2020 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 25 338 2299197 banjir-terjang-permukiman-bantaran-kali-bekasi-berikut-titik-titiknya-5iFPUaJOVB.jpg Ilustrasi banjir. (Foto: Okezone.com)

BEKASI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi menyebutkan, sejumlah wilayahnya terendam banjir dari Sabtu (25/10) hingga pagi ini. Banjir terjadi akibat luapan Kali Bekasi ke peremukiman warga. Akibatnya, delapan titik di wilayahnya terendam banjir dengan ketinggian 1 meter lebih.

Kasi Rehabilitasi, Rekontruksi BPBD Kota Bekasi, Hendra mengatakan, petugas dan relawan sudah ke lokasi banjir tersebut untuk melakukan evakuasi dan penanganan warga yang terdampak banjir.

”Sudah ada yang surut sebagian, masih ada juga yang tergenang banjir luapan air dari Kali Bekasi,” ucapnya.

Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

Adapun wilayah yang terdampak di antaranya Perumahan Pondok Gede Permai (PGP) dengan ketinggian air 1 meter. Warga sudah mengungsi ke tempat yang aman dan petugas sedang mendirikan posko banjir di lokasi ini. ”Kami juga sedang melakukan evakuasi terhadap beberapa warga yang terjebak banjir,” ucapnya.

Baca juga: Banjir Bekasi, Ketinggian Air di Teluk Pucung Hampir 2 Meter

Kemudian Perumahan Jatirasa dengan ketinggian 2 meter. Beruntung, banjir di sini sudah surut. Lalu. Selanjutnya Perumahan Pondok Mitra Lestari (PML) dengan ketinggian air 60 cm dan sudah surut. Perumahan Kemang IFI dan Komplek AL juga dipastikan sudah surut dari banjir. Selanjutnya, banjir di Perumahan Jaka kencana, Gang Mawar VI (RT08/08) juga sudah surut.

Hendra mengatakan, lokasi yang dimonitoring pihaknya saat ini adalah Patal Bekasi dan Kampung Lebak Teluk Pucung.”Petugas sedang monitoring Kalimalaya dan Kampung Lebak,” ucapnya.

Hendra menjelaskan, hingga kini petugas maupun relawan sedang melakukan pendataan warga yang terdampak banjir. ”Semua anggota sedang berada dilapangan untuk mendata, mengecek dan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir,” tegasnya.

Hendra mengatakan, pihaknya hingga kini masih mendata jumlah pengungsi. "Jumlah pengungsi itu kebetulan lagi kita data. Yang jelas kita sesuai dengan SOP, kita siapkan tim untuk evakuasi di semua titik, perahu, pelampung, untuk evakuasi tertuama anak-anak, wanita dan lanjut usia, juga yang lagi sakit itu jadi prioritas," imbuh Hendra.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini