Banjir di Villa Jatisari Bekasi Surut, Warga Bersih-Bersih Rumah

Wisnu Yusep, Okezone · Minggu 25 Oktober 2020 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 25 338 2299336 banjir-di-villa-jatisari-bekasi-surut-warga-bersih-bersih-rumah-mzMAiPBA8Z.jpg Banjir di Bekasi. Foto: Wisnu Yusep

BEKASI – Ribuan warga dari 650 kepala keluarga (KK) di Perumahan Villa Jatirasa, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, terdampak banjir pada Minggu (25/10/2020).

Banjir sudah melanda sejak semalam dan mulai berangsur surut sejak pagi tadi sekira pukul 08.00 WIB, dan sore hingga malam ini sebagian warga sudah mulai bersih-bersih rumah.

"Satu RW ada 650 KK (kartu keluarga), di perumahan ini, ada ratusan rumah hampir semua terendam," kata Ketua RW 11 Villa Jatirasa Nugroho ketika ditemui di lokasi.

Banjir yang melanda kawasanya ini, kata Nugroho, disebabkan luapan dari Pintu Air Pertemuan Cileungsi Cikeas (P2C) yang berada di dekat kompleks perumahan.

Pintu air itu, kata Nugroho merupakan daerah aliran sungai (DAS) Kali Bekasi. Debit air do sama meningkat akibat banjir kiriman dari Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: Perumahan Vila Jatirasa Bekasi Terendam Banjir 2 Meter 

"Sejak sore kemarin sudah mulai naik Pintu Air P2C, sempat naik ketinggian air 600 tuh terus sampai pukul 11.30 WIB sudah mulai air melebihi tanggul," ujar Nugoroho.

Mayoritas warga, lanjut Nugroho, tidak memprediksi air akan datang begitu cepat hingga menggenangi pemukiman warga. "Jadi gak ada yang memperkirakan, dari semalam mulai banjir," beber dia.

Sebelumnya, kata Nugroho, ketinggian air di permukiman warga mencapai 2 meter lebih. Pengamatan Okezone, meski banjir melanda, sebagian warga memilih bertahan di rumah masing-masing. Mereka tidak meninggalkan karena banjir saat ini sudah berangsur surut.

Baca Juga: Keterisian Tempat Tidur Pasien Covid-19 Turun 6 Persen di Jakarta 

Pantauan di lokasi sebagian warga sudah melakukan bersih-bersih, namun di bagian depan banjir 20 Cm masih menggenangi jalan utama perumahan.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini