8 Warung dan Pepohonan di Situ Rawa Gede Rusak Diterjang Puting Beliung

Wisnu Yusep, Okezone · Senin 26 Oktober 2020 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 338 2299962 8-warung-dan-pepohonan-di-situ-rawa-gede-rusak-diterjang-puting-beliung-mGkIFbUbVG.jpg Warung di Situ Rawa Gede, Bekasi, rusak diterjang angin puting beliung. (Foto : Okezone/Wisnu Yusep)

BEKASI – Ketua Komunitas Pemuda Pencinta Lingkungan Situ Rawa Gede Kelurahan Bojong Menteng, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Krisda mengungkapkan semua fasilitas di objek wisata tersebut rusak parah.

Sebelumnya wilayah RT.005/RW.002, Bojong Menteng, Kecamatan Rawalumbu itu diterjang angin puting beliung pada Senin (26/10/2020) sekitar pukul 15.17 WIB. Akibatnya, objek wisata tersebut porak-poranda.

"Fasilitas yang terdampak angin puting beliung spot foto hampir semua rusak dan wegus yang kita bangun untuk edukasi. Itu rusak total serta bangunan warung UMKM yang kita buat juga rusak," kata Krisda kepada wartawan, Senin (26/10/2020) petang.

Adapun fasilitas UMKM yang rusak parah sebanyak 8 unit, 2 unit rusak ringan dan ada beberapa bagian tembok batas sepanjang 12 meter roboh serta genteng roboh menimpa ke area permukiman warga setempat.

"Total kerugian belom kami dapat kalkulasi, karena kondisi dan situasi belom memunhkinkan untuk melakukan penghitungan, ini sedang pembersihan," ungkap dia.

Pasalnya, puluhan pohon yang ditanam oleh pihaknya juga ikut tumbang karena hujan dan angin puting beliung tersebut. Termasuk perahu rakit yang telah dibuat juga ikut rusak.

"Tanaman edukasi juga rusak dengan luas 24 meter. Korban jiwa tidak ada," ucapnya.

Atas peristiwa itu, dia berharap pemerintah setempat ikut turun tangan membantu meringankan demi membangun dan menata dan memperbaiki Situ Rawa Gede, yang setiap harinya hampir banyak wisatawan lokal maupun nasional.

"Mohon doa agar musibah ini dapat memberikan hikmah, istiqomah untuk terus menata Situ Rawa Gede. Kami harap pemerintah datang dan membantu kami agar kami sedikit meringankan kami. Bagaimana pun juga Situ Rawa Gede adalah aset yang sangat berpotensi mengangkat di bidang pariwisata," ujar dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini