Banjir di Kota Bogor Perlahan Mulai Surut

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Selasa 27 Oktober 2020 10:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 338 2300113 banjir-di-kota-bogor-perlahan-mulai-surut-ccf8KdjfvI.jpg Banjir di Perumahan Griya Cimanggu Indah sudah mulai surut (foto: Dok Humas Pemkot Bogor)

BOGOR - Banjir yang menggenangi di Perumahan Griya Cimanggu Indah, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor perlahan mulai surut. Saluran air yang tertutup sempat longsor sudah berhasil dibuka oleh petugas.

"Alhamdulillah ada perkembangan dari sebelumnya. Tadi sudah ditemukan titik yang tersumbatnya. Sudah mulai mengalir airnya, semoga proses penyurutan berjalan lancar," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Priyatnasyam, dalam keterangannya, Selasa (27/10/2020).

Baca juga:

Sejumlah Daerah Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Hari ini

Waspada, Jaksel Berpotensi Dilanda Hujan Disertai Angin Kencang

Dalam prosesnya, petugas mengalami kendala dalam mencari titik saluran air yang tersumbat puing-puing longsor. Karena, tim tidak mengetahui persis titik lubang ditambah terhalang tiang pancang Tol BORR.

"Kendalanya karena memang tadinya kita tidak mengetahui persis posisi lubangnya. Antara ujung dengan ujung di sini itu kan terhalang tiang pancang, ditambah lagi ada beberapa warga yang menunjukan titik yang salah sehingga alat berat harus membuat penyangga untuk mencari lubang itu," ungkapnya.

Tim gabungan dari BPBD, Dinas PUPR, Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup tengah mengeruk endapan, dan tumpukan sampah di sekitar saluran air yang sempat tersumbat menggunakan eksavator.

"Sekarang lagi proses pengerukan supaya tidak menyumbat lagi karena dilihat banyak bongkahan dan kayu bekas PKL, sampah dan puing longsoran kemarin. Kita pantau terus perkembangannya di lokasi, tim standby 24 jam," jelas Priyatna.

 

Terkait warga terdampak, lanjut Priyatna, sebagian sudah dilakukan proses evakuasi dan sebagian lagi memilih menetap di lantai 2 rumah mereka.

"Sebagian warga ada yang masih tinggal di lantai dua, tapi ada juga yang sudah ngungsi ke rumah saudaranya. Kami BPBD dan PMI juga standby di titik banjir untuk memantau situasi," pungkasnya.

Seperti diketahui, sejumlah rumah di Perumahan Griya Cimanggu Indah, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor terendam banjir sejak Sabtu 24 Oktober 2020 sore. Ketinggian air bervariasi paling dalam 1 meter.

Banjir disebabkan oleh curah hujan tinggi yang mengguyur Kota Bogor. Ditambah, saluran air atau gorong-gorong di samping perumahan tersebut tersumbat sehingga air menggenangi rumah warga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini