ASN Kota Bogor ke Luar Kota Selama Libur Panjang Wajib Tes Swab

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Selasa 27 Oktober 2020 21:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 338 2300542 asn-kota-bogor-ke-luar-kota-selama-libur-panjang-wajib-tes-swab-0kpaitxKr6.jpg Wali Kota Bogor Bima Arya (Foto: Okezone)

BOGOR - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto akan melakukan tes swab covid-19 bagi aparatur sipil negara (ASN) yang melakukan perjalanan ke luar kota selama masa libur panjang. Hal tersebut untuk mengantislasi penularan covid-19 di perkantoran.

"Saya minta seluruh ASN Kota Bogor yang mau keluar kota, untuk lapor kepada atasannya, kepada kepala dinas, apabila ada kepala dinas yang mau keluar kota juga lapor ke saya. Pulang dari luar kota diwajibkan untuk swab semua," kata Bima, Selasa (27/10/2020).

Baca Juga: PSBMK Bogor Diperpanjang, Patroli Pengawasan Diperketat saat Libur Panjang 

Tidak sampai di situ, bagi ASN yang telah menjalani tes swab tidak diperkenankan masuk kerja dan diminta isolasi mandiri hingga hasil tesnya keluar.

"Jadi pulang dari luar kota, kemudian harus diswab dan isolasi sampai swabnya keluar. Tidak boleh berinteraksi, tisak boleh masuk kantor, tapi diisolasi dulu. Jadi saya akan punya datanya besok siapa saja (ASN) yang akan keluar kota," tegas Bima.

Sejauh ini, lanjut Bima, penularan covid-19 terbesar di Kota Bogor masih dari klaster rumah tangga yang bersumber dari klaster perkantoran. Sedangkan, penularan di tempat umum saat ini tergolong minim.

"Polanya masih sama, penularan terbesar adalah di rumah tangga dan di perkantoran. Karena itu fokusnya adalah di situ. Rumah makan, restoran itu minim sekali. Jadi kita masih melanjutkan kebijakan untuk jam operasional masih jam 9 malam. Kemudian untuk musik dan lain-lain kami persilahkan waktu malam hari dengan protokol kesehatan," ungkapnya.

Baca Juga:  PSBMK Kota Bogor Diperpanjang Sampai 10 November 2020 

Bima pun mengaku tetap berada di Kota Bogor untuk memonitoring situasi tempat-tempat wisata dan lainnya selama masa libur panjang dan cuti bersama.

"Saya sendiri tidak akan keluar kota, terus memantau di sini. Jadi Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu adalah hari-hari yang rawan. Kita antisipasi lonjakan warga Jakarta sekitarnya ke Bogor. Lalu lintas tetap diatur, prokes juga harus tetap dipatuhi," tutup Bima.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini