Libur Panjang, Gubernur Anies Ingatkan Potensi Penularan Covid-19 Klaster Keluarga

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 28 Oktober 2020 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 28 338 2300823 libur-panjang-gubernur-anies-ingatkan-potensi-penularan-covid-19-klaster-keluarga-j50Uv7RfmY.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebut sebanyak 39% kasus positif Covid-19 yang ditemukan di Ibu Kota berasal dari klaster keluarga. Dia pun mengimbau warga agar tetap menerapkan protokol kesehatan selama libur panjang akhir Oktober tersebut.

"Jumlah klasternya 4.684 dan total positif sampai 36.659 kasus. Artinya banyak sekali penularan yang justru terjadi di dalam keluarga. Kita sering karena merasa kenal, merasa saudara, maka tidak menggunakan masker dengan baik, tidak menjaga jarak, tidak mencuci tangan," kata Anies melalui Youtube Pemprov DKI Jakarta, Rabu (28/10/2020).

Baca juga:

 Hari Pertama Long Weekend, 1.500 Wisatawan Kunjungi TMII   

 Libur Panjang, Penumpang di Terminal Kampung Rambutan Naik 30%   

Menurut Anies, warga sudah banyak yang menerapkan protokol kesehatan selama berada di tempat umum. Namun, kata dia, protokol kesehatan tersebut kendur dilakukan bila bersama kerabat, hingga keluarga.

"Ingat, bahwa ketika kita kenal seseorang, tidak berarti penularan lalu terhenti. Penularan bisa terjadi lewat orang yang dikenal ataupun tidak dikenal. Karena itu jangan sampai kita melaksanakan 3M ketika bersama orang orang yang tidak dikenal, tapi ketika bersama orang orang yang dekat, justru kita longgar dalam 3M," ujarnya.

Mantan Mendikbud itu mengajak warga DKI Jakarta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kesehatan selama libur panjang Oktober ini.

Anies juga meminta warga Ibu Kota tetap memakai masker bila mengungjungi kerabat dan keluarga selama liburan.

"Ketika kita ingin memastikan orangtua kita sehat, pakai masker, jaga jarak, mencuci tangan dengan baik. Insya allah dengan begitu, kita bisa melewati masa liburan ini tanpa mengalami konsekuensi lonjakan penularan Covid-19. Selamat berlibur bersama keluarga, selamat menikmati masa-masa istirahat dan sekali lagi usahakan tetap di rumah," tuturnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini