Ngarep Dihukum Ringan, 2 Pencuri Ngaku Anak di Bawah Umur

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Rabu 28 Oktober 2020 21:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 28 338 2300939 ngarep-dihukum-ringan-2-pencuri-ngaku-anak-di-bawah-umur-unmuD8C3Nq.jpg 2 Pencuri yang mengaku anak di bawah umur (foto: Dok Humas Polres Bogor)

BOGOR - Alih-alih bisa mendapat hukuman ringan, dua pelaku pencurian motor di wilayah Cibinong, Kabupaten Bogor mengelabui petugas. Kedua pelaku mengaku kalau usia mereka masih di bawah umur.

Kapolsek Cibinong Polres Bogor AKP I Kadek Vemil mengatakan, mulanya kedua pelaku yakni W (23) dan MH (33) diamankan warga, dan anggota saat beraksi di Perumahan Puri Nirwana I beberapa waktu lalu.

"Ketika kejadian pelaku tertangkap tangan oleh petugas piket Reskrim dan warga. Saat kami melakukan proses penyelidikan, pelaku mengaku anak di bawah umur," kata Kadek, Rabu (28/10/2020).

Dengan bermodalkan tubuh kecil dan tidak ada bukti identitas, para pelaku berharap polisi mudah percaya keterangan mereka. Karena merasa kedua pelaku berbohong, polisi terus mencari tahu usia mereka.

"Kami tidak percaya begitu saja. Setelah kami kembangkan ternyata diketahui kedua pelaku ini berusia sudah di atas 20 tahun dari hasil pemeriksaan ortodhontic Dokter Spesialis Gigi," ungkapnya.

 penangkapan

Rupanya pelaku ini merupakan residivis curanmor dari Bulak Kapal Bekasi, yang memang suka bermodus sebagai anak di bawah umur ketika tertangkap oleh polisi agar perlakuan penyidikannya berbeda.

"Pelaku anak kan ada perbedaan dalam penyidikan, contoh penahanan hanya 15 hari dan pendampingan dari Bapas. Kalau hasil dari Litmasnya bisa restoratif justice atau dititipkan ke tempat rehabilitasi pelaku anak di Bambu Apus atau di Bandung," jelas Kadek.

Dari tangan pelaku, polisi mendapatkan beberapa barang bukti berupa enam unit motor hasil curian. Dimana, salah satu motor milik dari anggota TNI.

"Ada enam barang bukti motor yang kami amankan dari pelaku, satu diantaranya milik rekan kami seorang anggota TNI. Bagi yang pernah merasa kehilangan motor, kami persilakan datang langsung ke Polsek Cibinong untuk kami proses sesuai dengan prosedur yang berlaku dan tidak dipungut biaya," tutupnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini