Jalan Wadas Depok Ambles, Lalu Lintas Citayam-Margonda Terganggu

Armydian Kuniawan, Koran SI · Kamis 29 Oktober 2020 00:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 29 338 2300977 jalan-wadas-depok-ambles-lalu-lintas-citayam-margonda-terganggu-LFmyA8KYV3.jpg Tanah ambles di jalur penghubung Citayam-Margonda (Foto: Armydian)

DEPOK - Jalan Wadas Raya Kota Depok, tepatnya di pertigaan Haji Niran atau Jalan Murni, ambrol akibat hujan deras yang turun sejak Rabu (28/10/2020) sore. Arus lalu lintas di salah satu jalur utama penghubung Citayam-Sawangan-Margonda yang biasanya cukup padat ini dipastikan terganggu dalam beberapa pekan ke depan.

Ambrolnya jalan di wilayah RT 2 RW 14 Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, ini menciptakan lubang berdiameter sekitar 5 meter dengan kedalaman sekitar 2 meter.

Menurut Ketua RW 14 Kelurahan Pancoran Mas, Mulyawan, jalan tersebut ambrol bertahap. Kejadian pertama saat hujan lebat sekitar pukul 18.40 WIB. Badan jalan bagian tengah arah Margonda retak kemudian ambles disusul ambrolnya bagian sisi jalan dan beton pemisah dengan jurang serta sungai di bawahnya. Peristiwa kedua terjadi sekitar pukul 22.00 WIB.

"Memang sebelumnya sudah ada retakan dan badan jalan turun beberapa centimeter. Untung saja tidak terjadi kecelakaan saat kejadian pertama dan kedua meski lalu lintas kendaraan cukup ramai karena jam orang pulang kantor," kata Mulyawan.

Petugas Satgas Sumber Daya Air Dinas PUPR Kota Depok, Sigip, mengungkapkan, ini merupakan kejadian kedua dalam enam bulan terakhir. Amblesan pertama empat bulan lalu sudah diperbaiki namun kembali ambles pada Rabu malam. "Pengerjaan perbaikan diupayakan secepat mungkin namun sangat mungkin tidak akan sampai menutup total akses Jalan Raya Wadas menuju Jalan Pitara atau sebaliknya," jelas Sigip.

Wadas Ambles (Army)

Dari pantauan di lokasi, arus lalu lintas diberlakukan buka-tutup karena hanya sebagian kecil badan jalan menuju Citayam yang bisa dilewati kendaraan untuk kedua arah.

Sementara itu, sejumlah petugas dari Dinas PUPR sudah berada di lokasi untuk melakukan pengecekan.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini