Marak Begal Sepeda, Ini Saran Polisi ke Pecinta Gowes

Ari Sandita Murti, Sindonews · Kamis 29 Oktober 2020 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 29 338 2301287 marak-begal-sepeda-ini-saran-polisi-ke-pecinta-gowes-gyhp48hlCi.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Polisi memberi tips bagi pesepeda agar terhindar dari begal. Salah satu saran adalah tidak memancing perhatian pelaku begal.

"Kami imbau pengguna sepeda tolong jaga safety diri sendiri dan tak bersepeda di tempat sepi, jangan bersepeda sendirian, tapi berkelompok, dan jangan memancing pelaku," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus pada wartawan, Kamis (29/10/2020).

Dia mencontoh, perbuatan yang bisa memancing begal dengan bermain handphone saat gowes. Hal mencolok lainnya adalah memakai perhiasan dan membawa tas. Hal itu diyakininya dapat mengurangi risiko jadi korban begal.

Gowes.

Sejauh ini, kata dia, di bulan Oktober 2020 sudah ada lebih dari 7 kejadian kasus pembegalan. Dia meminta masyarakat yang pernah mengalami kejadian serupa untuk melapor ke polisi. Pasalnya, banyak korban tak melapor, apalagi saat pelaku gagal beraksi.

Baca juga: Penyapu Jalan Nekat Curi Sepeda Polisi, Dijual Rp800 Ribu

"Kami sudah membentuk tim khusus untuk memyelidiki dan mengungkap pelaku begal ini. Kami juga sudah siapkan personel patroli dan melakukan pemetaan di lokasi rawan," katanya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini