Pembangunan Stasiun Integrasi dan Terpadu Jadi Prioritas KAI

Mohamad Yan Yusuf, Sindonews · Jum'at 30 Oktober 2020 11:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 30 338 2301511 pembangunan-stasiun-integrasi-dan-terpadu-jadi-prioritas-kai-nEQHPxzElI.jpg Ilustrasi Stasiun Gambir (Foto: Okezone)

JAKARTA - Usai revitalisasi sejumlah stasiun, PT KAI mengklaim arus penumpang di beberapa stasiun jauh lebih baik. Kemacetan dan lalu lintas orang kian tertata seiring integrasi sejumlah moda transportasi.

“Seperti di Tanah Abang, kerja sama dengan Pemda DKI membuat kemacetan di sana berkurang,” kata VP Public Relations, Joni Martinus, Jumat (30/10/2020).

Baca Juga: Daop 1 Jakarta Tambah 5 Perjalanan KA dari Gambir dan Pasar Senen

Kini, terhadap penataan stasiun, PT KAI, lanjut Joni terus melakukan inovasi. Pengembangan kawasan stasiun terus dilakukan dengan menggandeng beberapa instansi dan perusahaan swasta lainnya.

“Inovasi model bisnis tersebut sebagai wujud dukungan KAI terhadap prioritas Kementerian BUMN di bawah kepemimpinan Menteri Erick Thohir,” lanjutnya.

Salah satunya pada 17 Juni 2020 lalu, peresmian Stasiun Terpadu Tahap I hasil kolaborasi KAI dengan Pemprov DKI Jakarta dan PT MRT Jakarta (Perseroda) telah dilakukan dengan menata stasiun Tanah Abang, Sudirman, Pasar Senen, dan Juanda.

“Penataan ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada para pengguna kereta api saat akan menuju dan tiba di stasiun. Karena setelah ditata, akses menuju stasiun lebih teratur dan dilengkapi integrasi antarmoda yang baik,” kata Joni.

PT KAI berharap dengan adanya integrasi antarmoda tersebut, masyarakat yang menggunakan transportasi umum karena kemudahan yang ditawarkan. Keberadaan Stasiun Terpadu juga akan meningkatkan nilai dari kawasan di sekitar stasiun.

Pengembangan juga dilakukan di Stasiun Pondok Ranji, Tangerang. KAI kali ini bersinergi dengan PT Jaya Real Property Tbk, dimana groundbreaking-nya dilaksanakan pada 10 Agustus 2020 lalu.

Baca Juga:  Penampakan 5 Stasiun di Jakarta yang Kebanjiran

Dengan kerjasama ini, maka Stasiun Pondok Ranji akan memiliki akses langsung ke wilayah perumahan Bintaro Jaya. Stasiun menjadi terpadu dan membuat mobilitas masyarakat lebih efisien, mengurangi kemacetan, dan meningkatkan nilai masing masing kawasan.

Konsep kerjasama antara pengembang perumahan dengan KAI seperti ini, akan diterapkan pada stasiun-stasiun lainnya untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Selain untuk penataan dan pengembangan stasiun, Inovasi model bisnis juga KAI hadirkan dalam layanan Angkutan Penumpang dan Barang.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini