117 Karyawan Pabrik di Tangerang Positif Covid-19, Ini Dugaan Sumber Penularan

Isty Maulidya, Okezone · Jum'at 30 Oktober 2020 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 30 338 2301579 117-karyawan-pabrik-di-tangerang-positif-covid-19-ini-dugaan-sumber-penularan-RULW6Wbuux.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TANGERANG - Sebanyak 117 karyawan dari sebuah pabrik di Kabupaten Tangerang positif Covid-19. Kasus tersebut diketahui pada 15 Oktober 2020, lewat rapid test dan swab test yang dilakukan oleh perusahaan.

"Benar ada 117 karyawan di satu perusahaan yang positif Covid-19," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi, Jumat (30/10/2020).

Kasus tersebut rupanya diketahui dalam satu hari, setelah perusahaan melakukan rapid test dan swab test kepada karyawannya. Karyawan yang terkena Covid-19 juga berasal dari berbagai bagian perusahaan, baik gudang maupun produksi. 

"Diketahui tanggal 15 Oktober lalu, setelah karyawan melakukan rapid test dan swab test," lanjut Hendra. 

Hendra menduga penularan Covid-19 kepada ratusan karyawan tersebut terjadi saat jam makan siang. Hal ini dikarenakan pada saat jam makan siang, para karyawan membuka masker dan mengobrol satu sama lain.

Ilustrasi. (Foto: Shuttterstock)

"Penularannya diduga saat jam istirahat, karena kan saat jam makan siang mereka buka masker baik untuk makan maupun merokok,” ujar Hendra.

Setelah mengetahui adanya ratusan karyawan yang terinfeksi Covid-19, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang melakukan tracing kepada keluarga karyawan karena ratusan karyawan tersebut berstatus OTG. Untuk saat ini, Dinkes Kabupaten Tangerang masih menunggu hasil penelusuran.

Baca juga: Cerita Pelajar SMK Bersama Keluarga Terpapar Covid-19

"Pihak keluarga yang kontak erat juga kita lakukan tracing, saat ini sedang menunggu hasil," tutur Hendra.

Saat ini seluruh karyawan yang terkonfirmasi positif Covid-19 diminta untuk isolasi di hotel. Sementara untuk kawasan pabrik telah disterilkan dan dilakukan disinfeksi secara rutin.

"Sudah kita isolasi dan pabrik kita semprotkan disinfektan untuk mencegah penularan makin meluas," ungkapnya.

Hingga kini, jumlah pasien Covid-19 dari klaster perusahaan berjumlah 256 orang. Ia pun meminta semua pihak agar tetap patuh terhadap protokol kesehatan untuk menekan adanya lonjakan kasus baru di wilayah Kabupaten Tangerang. Sebelumnya juga ditemukan kasus serupa yang tertular Covid-19 saat jam makan siang.

"Makanya, kita meminta pengetatan penerapan protokol kesehatan di area tertentu yang kita nilai rawan penyebaran supaya diharapkan tidak terjadi ledakan kasus klaster perusahaan ini,” ujar dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini