Rapid Test Massal, 5 Penumpang KRL di Stasiun Bogor Reaktif Covid-19

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Jum'at 30 Oktober 2020 18:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 30 338 2301742 rapid-test-massal-5-penumpang-krl-di-stasiun-bogor-reaktif-covid-19-j5BIdhuL7E.jpg Rapid test massal di Stasiun Bogor (Foto: Putra R)

BOGOR - Puluhan penumpang KRL Commuter Line yang turun di Stasiun Bogor menjalani rapid test Covid-19. Lima penumpang dinyatakan reaktif, di mana 4 orang di antaranya berasal dari luar Kota Bogor.

"Hasil rapid test di Stasiun Bogor yang dites 61 orang, 5 reaktif (1 warga Kota Bogor dan 4 warga luar Kota Bogor)," kata Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular dan Surveilans Dinas Kesehatan Kota Bogor Djohan Musali, Jumat (30/10/2020).

Baca Juga:  Vaksinasi Covid-19, Doni Monardo: Tergantung Keputusan Terakhir dari BPOM

Djohan menambahkan, mereka yang reaktif harus melakukan isolasi mandiri di rumah selama 5 hari untuk selanjutnya menjalani tes swab Covid-19. "Kita isolasi, kemudian kita akan swab. (Sekarang) belum diswab, masih kita isolasi dulu 5 hari baru diswab. Karena kan belum tentu kalau cepat-cepat diswab, hasilnya belum tentu meyakinkan," jelasnya.

Rapid test massal ini merupakan salah satu upaya dari Dinas Kesehatan untuk melakukan screening secara acak bagi pendatang yang masuk ke Kota Bogor melalui Stasiun Bogor. Kegiatan ini akan kembali dilakukan di lokasi berbeda selama libur panjang.

"Berdasarkan keputusan Gugus Tugas Provinsi, kita koordinasi juga dengan Dinkes Jabar maka di masa liburan panjang ini akan dilakukan screening untuk orang-orang yang masuk ke Kota Bogor juga yang sedang liburan di tempat wisata," ungkap Djohan.

Baca Juga: Penumpang Kereta Naik 49 Persen Selama 3 Hari Libur Panjang 

Adapun jumlah rapid tes yang disediakan Dinas Kesehatan Kota Bogor selama libur panjang sebanyak 3.000 alat dengan target perhari 100 sampel.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini