Demo Kecam Macron Usai, Massa Tertib Bubarkan Diri

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 02 November 2020 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 338 2302910 demo-kecam-macron-usai-massa-mulai-bubarkan-diri-dengan-tertib-nVxKLLu2aN.jpg Umat Islam yang tersinggung oleh ucapan Presiden Prancis Emmanuel Macron, telah selesai berunjuk rasa. Foto: Fahreza Rizky

JAKARTA – Massa yang berunjuk rasa mengecam pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron membubarkan diri secara tertib setelah menyampaikan pernyataan sikap.

Berdasarkan pengamatan Okezone di Jalan MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (2/11/2020) massa membubarkan diri dengan tertib mengikuti komando dari ulama.

Ulama yang ada di atas mobil komando memerintahkan massa aksi membubarkan diri setelah penyampaian sikap.

Alhasil, massa membubarkan diri mengikuti mobil komando. Bahkan, sebagian dari mereka memunguti sampah yang berserakan dari aksi ini.

"Ayo jangan lupa punguti sampahnya, kita tertib, kita ikuti akhlak Rasulullah," ucap salah seorang orator.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Heru Novianto mengucapkan terima kasih kepada pendemo yang telah menyampaikan aspirasinya dengan tertib.

"Kami dari kepolisian mengucapkan terima kasih," ujar Heru.

Kepolisian pun mulai menyingkirkan kawat berduri dan beton pembatas. Sementara itu arus lalu lintas dari Jalan Wahid Hasyim ke arah Tanah Abang tampak sudah dibuka.

Sebagaimana diberitakan, pernyatan Presiden Prancis Emmanuel Macron terkait ekstremisme Islam telah menuai reaksi keras dari berbagai negara, terutama negara Arab dan negara mayoritas Islam.

Baca Juga : Demo Kecam Macron, Massa Serukan Boikot Produk Prancis

Macron dianggap telah menghina Islam dan membela penerbitan kartun Nabi Muhammad yang kontroversial.

Sejumlah negara telah menyampaikan kecamannya atas pernyataan Macron tersebut, sementara aksi boikot produk Prancis telah diserukan di beberapa negara, termasuk Kuwait, Qatar, dan Turki. (ERH)

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini