Waduk Dikeringkan, Persiapan Jakarta Hadapi Musim Hujan

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 04 November 2020 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 338 2303945 waduk-dikeringkan-persiapan-jakarta-hadapi-musim-hujan-IDDfy2eGV4.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membenarkan bahwa waduk-waduk di Ibu Kota akan dikeringkan untuk menampung air saat musim hujan.

Tak hanya dikeringkan, pengerukan waduk juga terus dikebut dengan menerjunkan ekskavator dari berbagai unsur baik pemerintah maupun swasta.

"Benar (Waduk dikeringkan). Jadi waduk di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan sudah dalam proses pengerukan terus menerus. Jadi harapannya air dari pegunungan yang masuk ke kota bisa ditahan dulu dari waduk-waduk ini," kata Anies usai memimpin apel kesiapsiagaan dalam menghadapi musim hujan di Tanjung Priok, Jakarta Selatan, Rabu (4/11/2020).

Anies menambahkan, air kiriman dari pengunungan tersebut akan dialirkan ke sungai secara bertahap untuk diteruskan ke laut. Dengan begitu, diharapkan bisa mencegah terjadinya banjir dari air kiriman Bendungan Katulampa.

"Jadi ada juga yang semula lahan kosong karena kontur tananya cekung dan selama ini terjadi banjir di tempat itu, kita buat waduk. Jadi bikin waduknya untuk mengalirkan air, baru kemudian dipompa untuk dialirkan ke sungai. Karena memang kontur tanahnya cekung," tututnya.

Baca Juga : Puluhan Buaya Lepas, Wali Kota Tangerang: Hati-Hati Beraktivitas di Sungai Cisadane

Sebelumnya diberitakan, sejumlah waduk di Jakarta Selatan telah dikeringkan. Sehingga bisa menampung air lebih banyak guna mencegah terjadinya banjir saat musim hujan.

"Kami diperintahkan untuk mengosongkan waduk. Jadi kami akan kosongkan sebelum musim hujan," kata Kepala Suku Dinas Sumber Daya (SDA) Air Jakarta Selatan, Mustajab, Selasa 3 November 2020.

Dinas SDA DKI Jakarta akan memaksimalkan penggunaan pompa-pompa air untuk mengalirkan air yang ada di waduk. Sementara itu, waduk yang tidak memiliki pompa akan didatangkan agar bisa mengeringkan air di waduk tersebut.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini