Heboh Puluhan Buaya di Cisadane, BKSDA: Cuma Seekor yang Dilepas!

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Rabu 04 November 2020 18:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 338 2304254 heboh-puluhan-buaya-di-cisadene-bksda-cuma-seekor-yang-dilepas-jkLhUaPbhf.jpg ilustrasi: Okezone

BOGOR - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah I Bogor membantah beredarnya informasi terkait 43 ekor buaya dari penangaran Bogor yang sengaja dilepaskan ke aliran Sungai Cisadane. Isu itu adalah kabar bohong atau hoaks.

(Baca juga: Puluhan Buaya Lepas, Wali Kota Tangerang: Hati-Hati Beraktivitas di Sungai Cisadane)

"Nggak ada itu (43 ekor buaya dilepas ke Sungai Cisadane). Kalau di Bogor gak ada penangkaran buaya. Hoax," kata Penyidik BKSDA Wilayah I Bogor Sudrajat dihubungi Okezone, Rabu (4/11/2020).

Sudrajat menambahkan, terakhir buaya yang dilepaskan ke Sungai Cisadane hasil tangkapan warga di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor beberapa waktu lalu. Itu pun jumlahnya hanya 1 ekor.

"Iya yang di Rumpin itu yang kemaren (terakhir dilepaskan. Kan saya belum sempat ke sana, terus keburu dilepas sama warga. Kalau kami (BKSDA) pernah juga (melepas buaya) di Rumpin sudah lama sekitar 2-3 tahun lalu. Saya yang ambil itu, karena mau dijual. Kan gak boleh, kita ambil," jelasnya.

Aliran Sungai Cisadane, tambah Sudrajat, memang merupakan habitat dari buaya muara. Meski demikian, binatang buas itu cenderung tidak akan membuat sarangnya dekat dengan manusia.

"Iya habitatnya, untuk buaya muara ya hampir semuanya sih (sepanjang aliran Sungai Cisadane). Cuma kan kalau binatang itu kan pake insting, kira-kira kalau tempatnya ramai terlalu banyak orang pasti dia akan minggir ke tempat yang sepi," tutupnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini