Kampanye Bersepeda, Anies Gowes Bareng Dubes Nordik di Bawah Rintik Hujan

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Kamis 05 November 2020 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 338 2304502 kampanye-bersepeda-anies-gowes-bareng-dubes-nordik-di-bawah-rintik-hujan-iRf18HUDZb.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kampanye bersepeda dengan Dubes Nordik (Foto: Okezone/Fakhrizal Fakhri)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama para Duta Besar (Dubes) Negara Nordik gowes bareng mulai dari Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Barat menuju kawasan Kedutaan Besar (Kedubes) Denmark di Mega Kuningan, Jakarta.

Anies bersama Dubes Nordik bersepeda sejauh 8 kilometer di bawah guyuran hujan. Gowes bareng ini digelar untuk mengkampanyekan sepeda sebagai moda transportasi ramah lingkungan.

"Kami memang mendorong masyarakat beralih ke transportasi ramah lingkungan. Karena itulah pembangunan infrastruktur ramah lingkungan baik trotoar bagi pejalan kaki, jalur sepeda, kendaraan umum itu kami dorong agar Jakarta menjadi kota ramah lingkungan," ujar Anies di lokasi, Kamis (5/11/2020).

Anies Bersepeda dengan Dubes Nordik

Anies menerangkan, pandemi Covid-19 telah menjadikan suasana baru, di mana langit Jakarta kembali biru lantaran berkurangnya polusi. "Beberapa bulan kami merasakan langit biru di sini. Kami berharap program Jakarta langit biru yaitu mendorong kendaraan berbasis listrik dan ramah lingkungan bisa lebih besar lagi," kata dia.

Baca Juga: Anies Usul Sepeda Masuk Tol, Menteri Basuki: Bemo Saja Enggak Boleh

Mantan Mendikbud itu mengapresiasi negara-negara Nordik yang turut mengkampanyekan sepeda menjadi salah satu transportasi ramah lingkungan di Ibu Kota. "Harapan kami akan lebih banyak lagi yang melakukan seperti ini. Kesadaran masalah lingkungan ini harus diperkuat," tutur dia.

Menurut dia, masa depan suatu kota ditentukan dengan daya tahan kota tersebut dalam konteks lingkungan. "Jangan sampai karena kegiatan perekonomian yang intensif ekologi terkorbankan. Ekonomi dan ekologi harus didorong bersamaan," tandasnya.

Baca Juga: Sederet Kesalahan Umum saat Bersepeda, Salah Satunya Pakai Celana Dalam 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini