Indikator Keberhasilan Tangani Banjir Adalah Warga Selamat & Surut dalam 6 Jam

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Kamis 05 November 2020 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 338 2304585 indikator-keberhasilan-tangani-banjir-adalah-warga-selamat-surut-dalam-6-jam-7xS08Syp2E.jpg Ilustrasi (Dok. Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, indikator keberhasilan Pemprov DKI Jakarta dalam penanganan banjir bila tak ada jatuh korban dan banjir kembali surut dalam enam jam.

"Bila (banjir) itu terjadi ada dua indikator keberhasilan. Pertama, warga selamat dan kedua surut kurang dari enam jam. Kita sekarang antisipasi untuk itu," kata Anies usai gowes bareng para Dubes Nordik di Gedung Rajawali, Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (5/11/2020).

Mantan Mendikbud itu mengatakan bahwa rata-rata kapasitas sistem drainase Ibu Kota menampung 100 mm per hari. Sehingga, ia meminta jajarannya DKI tidak boleh banjir jika hujan di bawah 100 mm per hari.

"Tidka boleh banjir, karena itu kapasitas kita," ujarnya.

Baca Juga : Banyak Pasangan Muda Nikah Dini di Masa Pandemi

Ia menambahkan, Pemprov DKI Jakarta sudah mulai mengeringkan waduk-waduk di Ibu Kota agar mampu menampung lebih banyak debit air karena adanya fenomena La Nina.

"Anda bisa saksikan waduk-waduk Jakarta sedang pengerukannya intensif sekali. Kemudian pembersihan semua saluran-saluran itu dilakukan. Ketiga organisir kegiatan antarinstansi pemerintah bila terjadi banjir," kata Anies.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini